Apakah bisa menyebabkan mandul?

X Info Penanya: X, Wanita
dok saya sering minum obat pereda nyeri dari kecil karna saya pernah operasi patah tulang selama 2 kali saat saya sakit gigi saya juga minum obat pereda nyeri. Kemarin saya melakukan diet dengan minum teh jati cina selama 3 bulan dan menurunkan berat badan sampai 13 kg. apa saya berpotensi mandul?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Obat pereda nyeri adalah obat yang sering kali dikonsumsi tanpa menggunakan resep dokter karena efek sampingnya yang cukup aman. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan dan tidak dengan dosis yang tepat, bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi terus menerus atau dikonsumsi dalam jangka panjang.

Masalah yang terjadi diantaranya adalah gangguan pencernaan, tukak lambung, gangguan hati, gangguan ginjal dan juga masalah lainnya. Untuk itu jika sering kali mengalami rasa nyeri akibat operasi patah tulang, bisa coba diperiksakan pada dokter spesialis ortopedi untuk menilai apa yang jadi penyebabnya. Penggunaan obat nyeri sendiri sifatnya hanya meredakan gejala, jadi sebaiknya bisa dicari dan diatasi penyebabnya. 

Untuk teh jati cina sendiri merupakan herbal yang dipercaya membantu menurunkan berat badan, karena membantu juga memberikan efek melancarkan buang air besar atau efek laksatif. Meskipun begitu teh daun jati cina juga memiliki sejumlah efek samping, diantaranya adalah:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Dehidrasi
  • Masalah elektrolit tubuh
  • Lemas
  • Pingsan

Jadi perlu diperhatikan keseimbangan asupan makan dan juga cairan tubuh agar tidak timbul masalah kesehatan yang bisa membahayakan. Untuk mandul atau infertilitas sendiri tidak selalu disebabkan oleh obat pereda nyeri atau obat diet, tetapi penurunan berat badan yang drastis bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan hormonal yang salah satunya menyebabkan gangguan siklus menstruasi. Apabila mengalami masalah kesehatan, segera periksakan diri pada dokter ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tren fitness pria di tahun 2019 tidak hanya mencakup latihan fisik, namun juga konsumsi makanan dan kesadaran diri

Tren Fitness Pria yang Diprediksi Akan Populer di Tahun 2019

Awal tahun identik dengan beragam rancangan resolusi untuk kehidupan yang lebih baik dan terencana. Salah satu resolusi yang paling umum dibuat adalah resolusi kesehatan di mana tren fitness terkini akan menjadi topik yang banyak diperbincangkan.