Mandi pada malam hari, berbahayakah?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dokter, kebetulan karena bekerja dari pagi hingga malam hari saya sering mandi untuk membersihkan malam sebelum tidur. Apakah berbahaya mandi di malam hari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Mandi adalah salah satu usaha menjaga dan merawat tubuh yang perlu dilakukan secara rutin, terutama bila Anda selesai beraktivitas yang banyak mengeluarkan keringat atau terpapar debu.

Idealnya seseorang perlu mandi sehari 2 kali saat pagi untuk menyegarkan badan sehingga tubuh lebih siap untuk beraktivitas dan saat sore hari untuk membuang keringat dan debu setelah seharian beraktivitas.

Perihal mandi malam sebenarnya tidak ada larangan, namun sebaiknya menggunakan air hangat. Karena bila Anda mandi malam menggunakan air dingin maka tubuh bisa kedinginan sehingga timbul meriang atau bersin-bersin.

Bila aktivitas Anda padat dan mengharuskan mandi malam, maka boleh saja mandi menggunakan air hangat. Mandi malam menggunakan air hangat juga bisa mengurangi stres dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Namun untuk bayi sebaiknya tidak dimandikan saat sudah malam hari, cukup diseka saja menggunakan air hangat, karena daya tahan tubuh bayi belum terlalu baik, berbeda dengan orang dewasa.

Selain dengan rutin mandi, sebaiknya Anda menjaga kebugaran tubuh dengan cara:

  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Tidur secara teratur.
  • Olahraga rutin minimal 3 kali dalam seminggu.
  • Jangan stres.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan mental karena stres dapat diatasi dengan bermain alat musik, berkebun, melukis, ataupun menulis

Daftar Hobi yang Positif untuk Menjaga Diri dari Gangguan Mental

Agar terhindar dari gangguan mental, Anda dapat menghilangkan stres dengan hobi yang positif seperti bermain atau mendengarkan musik, berkebun, menulis, berenang, dan melukis atau menggambar. Hobi-hobi tersebut terbukti secara medis dapat memulihkan kondisi mental akibat stres.