Mandi di Malam Hari

AL Info Penanya: AL, Pria, 18 Tahun
Halo Dokter, saya ingin bertanya, sebenarnya apakah tidak masalah jika mandi saat jam 10 malam ke atas? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo Bapak AL,

Tujuan mandi adalah untuk membersihkan tubuh dari sisa metabolisme dan kotoran yang menempel pada tubuh. Perasaan tidak bersih ini akan menimbulkan rasa gerah dan tidak nyaman sehingga sering mengganggu saat tidur. Saat mandi dengan air hangat juga dapat menyebabkan relaksasi otot dan menimbulkan perasaan nyaman dan santai.

Mitos bahwa mandi di waktu malam dapat menyebabkan rematik dan penyakit paru-paru adalah tidak benar, karena rematik adalah penyakit autoimun dan infeksi paru disebabkan oleh kuman atau jamur. Kedua kondisi penyakit ini tidak disebabkan oleh waktu mandi. Sebaiknya setelah beraktivitas istirahatkan tubuh dulu supaya mencapai suhu normal tubuh sebelum mandi atau mandilah dengan air hangat.

Tubuh yang bersih dan perasaan yang nyaman merupakan modal untuk mendapat kualitas tidur yang baik sehingga tubuh akan siap dan bersemangat saat bangun di pagi hari.

Salam sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita PPOK harus menghindari debu dan rokok

Infeksi Paru-Paru Dapat Memperburuk Penyakit PPOK, Ketahui Gejalanya!

Terlalu sering mengalami infeksi paru-paru dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Untuk mencegah PPOK, hindari debu dan rokok, serta menjaga pola hidup sehat.