Manakah jenis kelamin janin yang benar?

K Info Penanya: K, Pria, 29 Tahun
Dok istri saya hamil waktu kandungan umur 3 bln lebih di usg katanya laki laki trus sekarang umur 7 bln lebih di usg perempuan trus yang benar yg mana dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang K,

Untuk melihat jenis kelamin janin dikandungan pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan USG atau ultrasonografi. Jenis kelamin janin sendiri biasanya sudah mulai tampak di usia kehamilan 16-20 minggu atau bulan kelima. Dengan pertumbuhan janin bukan tidak mungkin bisa mengalami perubahan seperti misalnya pada pemeriksaan awal tampak seperti perempuan tetapi saat hamil trimester ketiga tampak kelamin laki-laki yang lebih jelas. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lain yaitu alat USG yang digunakan dan operator yang melakukan pemeriksaan tersebut.

Posisi janin dan waktu pemeriksaan juga berpengaruh, jika di usia kehamilan 7 bulan tampak kelamin perempuan dan tidak ada tanda kelamin laki-laki bisa lebih tepat pada usia 7 bulan karena pada usia ini kelamin sudah terbentuk lebih sempurna. Untuk memastikannya Anda bisa memilih untuk melakukan pemeriksaan dengan modalitas yang lebih canggih seperti misalnya dengan USG 4 dimensi untuk memastikan jenis kelamin yang dikandung istri Anda tetapi jika posisi janin baik dan operator bisa menentukan letak kelamin dan melihatnya dengan jelas, USG 2D juga sudah cukup memberikan gambaran jenis kelamin janin. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orangtua memiliki peran penting dalam mencegah hamil di luar nikah

Pentingnya Peran Orangtua dalam Mencegah Hamil di Luar Nikah

Baru-baru ini, Young Lex membuat pengakuan bahwa sang istri yang tengah mengandung ternyata hamil di luar nikah. Hamil di luar nikah seringkali bukanlah suatu hal yang diinginkan terutama bagi orangtua. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mencegahnya?