Mana yang lebih bagus untuk menghilangkan kantuk?

B Info Penanya: B
Lebih bagus minum extrajoss atau kopi untuk menghilangkan ngantuk dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi B,

Kedua minuman tersebut adalah minuman energi yang memiliki kandungan kafein dimana mampu mengatasi rasa kantuk. Tetapi keduanya bukanlah minuman yang baik untuk tubuh terlebih jika dikonsumsi rutin karena tidak baik bagi kesehatan terlebih jika terlalu banyak dikonsumsi dalam 1 hari.

Untuk kopi sendiri boleh dibilang lebih baik karena tidak banyak campuran bahan lainnya tetapi sebaiknya hanya minum 1-2 cangkir sehari atau 200 mg kafein perhari. Jika berlebihan bisa menimbulkan jantung berdebar, tangan gemetar, sakit kepala dan lainnya.

Jika sering kali mengantuk, ada baiknya memperbaiki pola hidup karena bisa dipengaruhi oleh beragam faktor seperti kurang tidur atau kurang istirahat, gangguan psikis seperti stres, depresi, atau cemas, kondisi kesehatan yang kurang baik ataupun akibat konsumsi obat tertentu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baiknya tidak minum kopi lebih dari enam cangkir sehari agar tidak menimbulkan masalah kesehatan

Berapa Batas Maksimal Minum Kopi Sehari yang Baik untuk Tubuh?

Minum kopi dalam satu hari sebaiknya tidak melebihi batas maksimal. Hasil studi terbaru menyarankan untuk tidak meminum kopi lebih dari enam cangkir dalam satu hari. Konsumsi kopi berlebihan dapat memicu penyakit jantung dan gangguan lain.