Mana lebih sehat, masker disposable atau reusable?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Selamat siang dokter, saya mau nanya dong. Manakah yang lebih sehat penggunaan masker disposable atau reusable? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Masker adalah salah satu alat yang praktis digunakan untuk menghindari tubuh tertular penyakit yang menyebar lewat udara, percikan air ludah, atau mengurangi dampak polusi.

Masker disposable adalah masker sekali pakai yang biasanya dipakai oleh tenaga medis di Rumah Sakit untuk menghindari penularan infeksi dari pasien ketika sedang memeriksa atau melakukan perawatan. Masker ini biasanya berwarna hijau atau biru pada 1 sisi, dengan warna putih pada bagian sisi baliknya. Pemakaian masker ini tidak perlu dibolak-balik. Cara pakai masker disposable yang benar adalah dengan sisi putih menempel di wajah dengan bagian warna hijau diluar, terlepas Anda sedang sakit atau dalam kondisi sehat. Pakai dengan cara menutupi hidung hingga ke dagu. Karena masker ini dipakai oleh tenaga medis untuk tujuan menghindari penularan infeksi dari pasien, maka masih terdapat celah dari sisi-sisi samping, sehingga kurang cocok bila Anda memakai masker ini dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara yang saat ini sudah sangat parah terutama di kota-kota besar.

Masker reusable adalah masker yang bisa dipakai berulang kali misal masker dari bahan kain yang bisa dicuci. Namun masker ini kurang dapat menyaring polusi udara.

Pemakaian masker seperti jenis N95 atau N99 memang ditujukan untuk mengurangi polusi udara terhirup, karena masker akan menutup dan menempel rapat pada area wajah, namun tentunya pemakaiannya akan lebih sulit dan untuk pemakaian awal mungkin Anda akan merasa sesak napas karena masker sangat rapat. Selain itu Anda perlu melakukan penggantian secara berkala untuk mendapat hasil yang maksimal, misal setiap 8 jam atau ketika masker sudah basah dan kotor.

Yang terpenting adalah gunakan masker menutupi bagian hidung, mulut hingga ke dagu, dan sebisa mungkin jangan kendor. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh masker. Serta jaga daya tahan tubuh dengan cara perbanyak makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak minimal 8 gelas setiap hari, serta tidur secara teratur, sebisa mungkin jangan begadang.

Bila aktivitas Anda banyak diluar ruangan dan menggunakan transportasi umum, ada baiknya selalu gunakan masker terutama jenis N95 atau N99, namun bila membuat Anda kurang nyaman, tidak masalah bila ingin menggunakan masker disposable atau masker dari bahan kain.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.