16 Dec 2020, 18:41Kandungan

Penyebab telat haid hingga berbulan-bulan

AI
Info Penanya: AI0
Dok saya terakhir berhubungan intim dengan suami saya keluar dalam, kurang lebih 5 bulan yg lalu di pertengahan agustus, bulan september masih haid dok. Di bulan oktober nobember sampai sekarang blm haid kira2 saya hamil atau bagaimana yaa dok?
226 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo A,Saya akan mencoba menjawab pertayaan Anda.Tidak haid belum tentu terjadinya kehamilan. Telat haid dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya gangguan hormon. Wanita yang sudah menikah, terutama yang menggunakan alat kontrasepsi yang mengandung hormonal, sering mengeluh tidak haid bahkan sampai berbulan-bulan. Gangguan siklus haid ini membuat wanita sulit untuk menentukan masa subur dirinya, sehingga jika berhubungan seksual di masa subur, dimana saat itu wanita lupa mengkonsumsi pil KB dan lupa jadwal suntik KB, maka kemungkinan untuk hamil bisa terjadi.

Penyebab telat haid hingga berbulan-bulan

Penyebab telat haid hingga berbulan-bulan antara lain :
  • Kehamilan, namun hal ini harus didahului oleh hubungan seksual yang menghasilkan pembuahan dan penempelan janin di dalam rahim. Jika Anda mengalami haid 1 bulan setelah berhubungan, maka Anda tidak mungkin hamil karena sudah terjadi proses peluruhan rahim saat menstruasi.
  • Penggunaan KB hormonal yaitu KB suntik terutama suntik KB yang 3 bulan yang hanya mengandung hormon progestin, penggunaan KB implan, dan konsumsi pil kb progestin.
  • Gangguan siklus menstruasi yang memanjang lebih dari siklus normal.
  • Masalah pada organ reproduksi.
  • Penyakit akibat kelebihan hormon androgen yaitu penyakit PCOS.
  • Gangguan metabolisme tubuh akibat penyakit gondok dan ketidakseimbangan gizi pada orang dengan obesitas dan malnutrisi.
  • Kista atau tumor pada rahim.
Anda yang sudah tidak mengalami haid hampir lebih dari 3 bulan, hal ini disebut dengan amenore sekunder. Untuk memastikan penyebabnya maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter kandungan, agar dilakukan USG dan pemeriksaan lainnya sehingga penyebab dapat diatasi dan siklus menstruasi Ada teratur kembali. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankontrasepsipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil