20 Aug 2020, 00:35Kandungan

Siklus haid tidak teratur, apakah hamil?

S3
Info Penanya: S3, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam dok saya mau tanya saya haid biasanya tanggal 10 juni tapi ketika tanggal 8 Juli saya melakukan hubungan sex maka datang bulan Juli tanggal 31 kita kira norma lg tidak dokter ? Hamil atau tidak dok ? Karena jujur saya takut dok. Mohon di jawab
7927 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaSetiap wanita pasti akan mengalami haid, dengan siklus normal berkisar 21 hari - 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid (HPHT) terakhir hingga hari pertama haid pada periode berikutnya. Selain karena kehamilan, beberapa kondisi dapat mempengaruhi siklus haid.

Adapun kondisi yang mempengaruhi siklus haid diantaranya adalah:

  • Stres dan kelelahan. Setiap orang pasti memiliki tingkat masalah yang berbeda-beda, kemampuan mengontrol emosi diperlukan agar keseimbangan hormon bisa terjaga.
  • Hormon. Adanya hormon progesteron, estrogen, tiroid dan hormon lainnya pada tubuh juga beperan dalam mempengarhui siklus haid.
  • Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)
  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • Masalah berat badan. Obesitas, berat badan kurang, atau adanya perubahan berat badan mendadak dapat mempengarhui siklus haid.
  • Efek samping dari obat. Konsumsi obat tertentu, penggunaan alat kontrasepsi (Pil KB, KB suntik) juga bisa mempengaruhi siklus haid.
Terkait dengan pertanyaan Anda, jika HPHT Anda adalah 10 Juni, kemudian Anda haid kembali pada tanggal 31 Juli maka siklus haid Anda 52 hari (terlambat). Jika Anda ragu akan kehamilan, silahkan lakukan tes kehamilan. Namun, bila Anda sudah mengalami haid, seharusnya tidak terjadi kehamilan.Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat bila siklus haid masih belum lancar. Pastikan Anda dapat mengelola stres dengan baik, beristirahat dengan cukup, serta konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk melancarkan siklus haid Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidkehamilanmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil