malas bersosial dan berdian diri di rumah

MI Info Penanya: MI, Pria, 24 Tahun
Dokter akhir2 ini saya malas utk bersosial dan berdiam diri dirumah, kira2 kenapa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MI

Menjadi seseorang yang malas bersosial dan berdiam diri di rumah merupakan tanda gangguan kepirbadian skizoid. Gangguan kepribadian ini menjadikan pribadi yang menarik diri, tidak ingin berinteraksi dengan orang lain, berdiam diri. Ada banyak hal yang memicu gangguan kepribadian ini seperti stress, trauma kekerasan, riwayat dilecehkan, beban finansial yang rendah dan tingkat pendidikan yang rendah. 

Jika terus mengalami gangguan kepribadian ini dapat membawa seseorang pada gangguan depresi bahkan masalah mental skizofrenia. Sebaiknya anda membuka diri terhadap orang lain, aktif berinterikasi dengan lingkungan, melakukan olahraga karena terbukti memperbaik mood.

Selain itu anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa (Sp.KJ/psikiater), biasanya dokter akan memberi obat golongan antidepresi yang bisa memperbaik mood anda, serta terapi mental kognitif untuk merubah pola pikir anda.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya selalu terjadi pada lansia, sering lupa juga dapat terjadi pada anak muda

Sering Melupakan Hal-hal Tertentu? Mungkin Ini Penyebabnya

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya lupa. Namun, jika hal ini sering terjadi, tentunya akan mengganggu kehidupan dan membuat penderitanya menjadi khawatir. Untuk memahami kondisi ini, ada berbagai penyebab sering lupa yang sebaiknya Anda ketahui.