Malamnya masuk angin, bangun pagi mual dan muntah. Kepala berat dan pusing. Penyakit apa ya?

AS Info Penanya: AS, Pria
Selamat malam dok:)Dok..saya mau nanya, malam kemarin saya habis di kerok dikarnakan masuk angin dan tidak enak badan, dan pas bangun pagi" perut saya tiba" mual dan sebel rasanya, trus saya muntah" dan muntah nya hanya keluar air wrna kekuning kuningan,akibat belum sarapan juga,dan kepala merasa berat dan pusing, akibat nya apa dan kendala apa ya dok,yang ada dlm diri penyakit nya? Mohon penjelasn nya? Terimakasih:)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Anda mengalami gangguan dispepsia yaitu kumpulan gejala adanya gangguan di saluran pencernaan. Masuk angin dan badan tidak enak, sampai dengan mual dan muntah. Biasanya akibat gangguan di lambung. Produksi asam lambung meningkat disertai peningkatan gas yang akhirnya perut terasa kembung. Untuk mengurangi tekanan di perut bisa menjadi muntah atau diare. Setelah itu kepala menjadi berat dan pusing.

Pastikan Anda menghindari makanan yang pedas, asam, berminyak atau bersantan. Serta menghindari minuman kopi, teh, soda atau alkohol. Serta stop merokok agar gas di perut tidak bertambah. Hindari makanan dan minuman tersebut terutama sebelum tidur. Sediakan juga cemilan seperti biskuit yang tidak terlalu berbumbu atau manis untuk dimakan saat bangun tidur. Saat makan jangan terburu-terburu dan terlalu banyak, lebih baik makan dengan porsi kecil namun sering.

Bila keluhan tidak berkurang sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saya lampirkan artikel mengenai 5 Cara Alami untuk Meredakan dan Mengobati Sindrom Dispepsia.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Muntah dengan jumlah banyak pada bayi biasa disebut dengan muntah proyektil

Waspadai Muntah Proyektil: Bayi Muntah dan Menyembur dalam Jumlah Banyak

Gumoh pada bayi memang biasa, namun menjadi tidak biasa ketika bayi muntah menyembur dan dalam jumlah banyak yang disebut muntah proyektil. Jika dibiarkan, bayi dapat mengalami dehidrasi.