24 Sep 2020, 20:12Pernapasan

Batuk berdarahak, sesak dan nafas berbunyi

NN
Info Penanya: NN0
Malam dok.. Saya jg mengalami hal yg sama tiap malam batuk berdahak tapi dahaknya susah keluar trs nafas bunyi sedikit sesak juga
777 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam NN,Batuk dan sesak napas adalah gejala yang bisa terjadi jika ada masalah pada saluran pernapasan. Penyebabnya sendiri bisa beragam, bisa disebabkan oleh infeksi ataupun kondisi kesehatan lain seperti:
  • Asma
  • Peradangan saluran napas seperti bronkitis
  • Penyakit paru obstruktif kronik
  • Adanya infeksi saluran napas atas
  • Pneumonia
  • Gangguan pencernaan seperti asam lambung
  • Masalah psikologis seperti cemas, depresi atau panik
  • Mengalami anemia
Jika keluhan sesak napas disertai batuk berdahak, napas berbunyi, demam, sakit dada, ataupun keringat malam terutama jika sering terjadi setiap malam, sebaiknya bisa memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan penanganan baik untuk mengatasi gejala dan juga penanganan sesuai dengan penyebabnya.Nantinya oleh dokter akan dilakukan pemeriksaan baik wawancar medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti lab darah, foto rontgen dada, pemeriksaan sampel dahak, pemeriksaan kapasitas paru ataupun spirometri dan pemeriksaan lain yang diperlukan.Untuk mengatasi keluhan bisa dilakukan beberapa cara seperti perbanyak minum air putih, minum obat batuk seperti bromhexin, hindari penyebab sesak seperti alergen misalnya debu, asap rokok, udara dingin, makanan dan minuman tertentu, hindari terlalu lelah, hindari aktivitas berat ataupun penyebab timbulnya sesak lain dan segera periksakan diri ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asmainfeksi saluran pernapasansesak napassaluran pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil