Maksud dari hasil tes urin terdapat darah 10(+1)?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
dok saya melakukan tes urine 4hari setelah saya selesai haid, ternyata ditemukan blood 10(+1) kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AKP.

Tes urine merupakan jenis pemeriksaan laboratorium berbahan spesimen urine yang bertujuan untuk memeriksa fungsi saluran kemih dan ginjal serta mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada organ kemih. Beberapa komponen yang diperiksa diantaranya adalah kadar protein urine, bakteri, kristal, sel darah putih atau leukosit, hingga sel darah merah atau leukosit dan masih banyak lagi komponen lainnya.

Mengenai pertanyaan Anda tentang adanya "blood" atau darah pada pemeriksaan urine, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa terdapat dua tipe darah dalam urin yakni gross hematuria yang menimbulkan warna kemerahan pada urine dan dapat diluhat secara kasat mata dan microscopic hematuria yang perlu dilihat dengan menggunakan mikroskop karena jumlahnya relatif sedikit.

Pada Anda yang hasilnya berupa angka, termasuk pada tipe hematuria mikroskopik. Hal tersebut menunjukan banyaknya sel darah merah yang ditemukan dan kemudian akan dikategorikan menjadi tingkatan yakni sebagai contohnya dimulai dengan  positif 1 (+1) pada rentang jumlah tertentu. Jika ditemukan dengan rentang yang lebih banyak, dapat dikategorikan menjadi positif 2 (+2) dan seterusnya.

Yang perlu diperhatikan adalah, terdapat beberapa kondisi medis pada saluran kemih dan organ kemih seperti ginjal yang dapat memicu ditemukannya darah dalam urin. Untuk itu ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter Spesialis Urologi untuk mendapatkan keterangan dan penanganan lebih lanjut untuk keadaan Anda saat ini.

Namun pada Anda yang telah melakukan pemeriksaan beberapa hari setelah haid perlu dipastikan kembali apakah masih ada darah sisa darah haid yang bercampur atau tidak. Baiknya agar lebih akurat, diperiksakan kembali, jauh-jauh hari dari siklus haid Anda.

Tidak lupa untuk senantiasa mencukupi kebutuhan cairan Anda perharinya (2,5 L/hari untuk wanita) dan hindari menahan keinginan untuk berkemih.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Warna urine yang berbeda-beda dapat dipengaruhi beberapa kondisi medis tertentu.

Makna di Balik Warna Urine Anda Secara Medis

Warna urine berbeda-beda karena berbagai faktor. Warna urine normal kuning muda hingga jernih. Sedangkan yang tidak normal berwarna oranye, merah, biru atau hijau, hingga cokelat gelap.