Apa arti HBs Antigen reactive?

WW Info Penanya: WW, Wanita, 32 Tahun
Makna HBs Antigen reactive
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WW,

Anti HBs adalah hepatitis B surface antibody yaitu pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kekebalan tubuh terhadap virus hepatitis B. Apabila sebelumnya sudah dilakukan vaksinasi hepatitis B maka pemeriksaan Anti HBs akan reaktif. Jadi reaktif yang dimaksuda adalah tubuh telah memiliki kekebalan atau sistem imun bekerja apabila ada virus hepatitis B yang menyerang.

Berbeda dengan pemeriksaan HBsAg atau hepatitis B surface antigen dimana jika reaktif dapat merupakan adanya infeksi virus hepatitis B. Kondisi ini bisa timbul akibat penularan yang terjadi bisa dari hubungan seksual tanpa pengaman, melalui jarum suntik, melalui pertukaran cairan tubuh seperti darah, cairan kelamin, transfusi darah yang tercemar dan lainnya.

Untuk itu apabila dilakukan pemeriksaan dan didapatkan HBsAg yang positif maka perlu dilakukan penanganan lebih lanjut pada dokter spesialis penyakit dalam. Penanganan perlu dilakukan agar infeksi hepatitis B tidak menjadi kronis dan bisa memicu komplikasi kesehatan lain. 

Hepatitis B sendiri bisa menular pada orang lain, jadi perlu hindari melakukan hubungan seksual, melakukan donor darah, ataupun tindakan lain yang bisa berisiko menularkan virus tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penularan penyakit hepatitis menyerang berdasarkan tipe-tipe yang berbeda

Kenali Cara Penularan Hepatitis, Ketahui Juga Tipe-tipenya!

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang hati manusia. Penyakit hepatitis terbagi menjadi lima tipr, yaitu virus hepatitis A, B, C, D, E. Penularan hepatitis dapat menyerang tergantung dengan tipenya.