15 May 2021, 18:44Kandungan

Apa saja pantangan makanan ibu hamil?

DO
Info Penanya: DO, Wanita, 22 Tahun
assalamualaikum,selamat malam dok saya mau bertanya apakah bener orang hamil tidak di perboleh kan makan ikan sembilang,mitosnya bisa menghilangkan janin?apa itu fakta atau hanya mitos,dan apa ada dalam penelitian ikan sembilang membayakan janin jadi ibu hamil tidak di perboleh kan makan ikan sembilang? Mohon pencerahannya dok. saya hanya memastikan itu hanya mitos atau fakta.
1187 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan AndaMakanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan, asupan gizi dan nutrisi yang akan didapatkan janini ini bergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Sehingga, alangkah baiknya untuk konsumsi makanan sehat bergizi yang direkomendasikan untuk ibu hamil agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Meskipun demikian, terdapat beberapa pantangan makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil:

  • Daging mentah atau setengah matang. Jika konsumsi daging, sebaiknya dimasak sampai matang sempurna
  • Ikan tinggi merkuri
  • Kefein seperti kopi
  • Makanan mentah
  • Alkohol
  • Telur mentah atau setengah matang
Terkait dengan pertanyaan Anda, ikan sembilang yang dikonsumsi sesekali dan tidak berlebihan cukup aman untuk ibu hamil asalkan dimasak secara matang sempurna (tidak mentah atau setengah matang). Sehingga, terkait dengan pernyataan yang Anda tanyakan adalah mitos. Tetap konsumsi makanan sehat bergizi untuk ibu hamil, hindari kelelahan, jaga keberishan area kemaluan, lakukan istirahat cukup dan rutin periksa ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
nutrisi ibu hamiltips kesehatanibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil