makanan untuk sakit maag akut

YS Info Penanya: YS, Pria, 43 Tahun
Halo Dokter,Ingin bertanya seputar pengobatan dan makanan untuk penderita maag akut seperti saya. Dua minggu terakhir ini sering merasakan sesak dada hingga ke tenggorokan, dan sangat terbantu apabila dipaksa sendawa. Namun akan mengganggu pekerjaan dan aktifitas saya jika terus seperti itu.Dalam keadaan darurat (apabila belum sempat ke dokter) apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya? Apa makanan yang harus dihindari?Apa dampak terburuk jika sakitnya berkepanjangan? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak YS,

Sakit magh atau Syndrom Dispepsia dalam Ilmu Kedokteran, artinya adalah kumpulan keluhan atau gejala klinik akibat rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut bagian atas yang sering disertai dengan keluhan lain seperti rassa panas di dada dan perut, regurgitas (arus balik asam lambung), kembung, perut terasa penuh (begah), cepat kenyang, tidak mau makan, sendawa, mual, muntah, dan banyak mengeluarkan gas asam dari mulut.

Penyebab dispepsia, dapat berasal dari lambung sendiri dan dapat merupakan manifestasi akibat adanya penyakit lain termasuk stress psikologis.

Oleh sebab itu tujuan pengobatan yang baik adalah mengobati penyebab dari dispepsia itu sendiri, bukan hanya mengobati gejala saja.

Penerapan pola hidup sehat dan pola makan yang baik dapat mengurangi dan memperbaiki keadaan sakit, dengan langkah-langkah sederhana seperti disebutkan disini.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan rasa kembung dan gas dalam lambung yang memperberat sakit :

  1. Sayuran yang menimbulkan gas, contoh : kol, kubis, kembang kol, kacang polong, brokoli dan kubis.
  2. Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda dan minuman ringan
  3. Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan seperti Sarbitol
  4. Makanan yang mengandung serat tinggi.
  5. Kacang – kacangan.
  6. Susu dan produk olahan susu seperti yogurt, keju, dll
  7. Jamur
  8. Semua jenis pasta seperti mie, sphagetti, dll

 

Selain makanan dan minuman yang dihindari, lakukan juga beberapa tindakan baik untuk mencegah nyeri pada lambung, yaitu dengan cara :

  • Selalu makan tepat waktu, sebaiknya tidak melupakan sarapan pagi.
  • Makan sering dengan porsi kecil, dan jangan menunggu sampai rasa lapar.
  • Hindari stress emosional yang berlebihan.
  • Kontrol Berat Badan supaya tetap dalam kondisi Berat Badan Normal.

 

Selanjutnya kami sarankan untuk menghubungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam terdekat untuk konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mengatasi varises, lakukan olahraga dengan teratus untuk memperlancar sirkulasi darah

5 Cara Menghilangkan Varises yang Bisa Anda Coba di Rumah

Varises pada kaki kerap menjadi permasalahan, terutama karena wujudnya yang sangat jelas terlihat. Anda bisa memilih prosedur medis, atau menjalani perawatan alami, 5 cara ini dapat menghilangkan varises secara alami yang dapat Anda coba di rumah.