Makanan untuk penderita kolesterol dan rendah gula

IR Info Penanya: IR, Wanita, 24 Tahun
Makanan yang dianjurkan untuk penderita kolesterol dan rendah gula apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IR,

Kadar kolesterol dalam darah normalnya adalah kurang dari 200 mg/dL dimana dalam kolesterol total juga bisa dipecah kembali dengan nilai normal LDL (low density lipoprotein) atau sering disebut kolesterol jahat adalah kurang dari 100 mg/dL dan kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik yang normalnya adalah lebih dari 40 mg/dL. Untuk itu penting menjaga asupan makanan agar kadar kolesterol tetap terjaga karena jika kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko gangguan pembuluh darah seperti serangan jantung atau stroke.

Makanan yang disarankan untuk penderita kolesterol tinggi adalah:

  • Hindari makanan yang tinggi lemak seperti jeroan hewan, daging merah, produk laut seperti udang, cumi, kepiting dan lainnya. 
  • Batasi mengonsumsi makanan dengan cara di goreng dan bisa mengganti minyak dengan jenis lain seperti minyak canola, minyak zaitun ataupun minyak lain yang kandungan lemak tak jenuhnya baik
  • Mengonsumsi makanan yang membantu menurunkan kolesterol seperti kacang-kacangan contohnya kacang merah, kacang kenari, atau almond, konsumsi makanan yang kaya omega seperti ikan, mengonsumsi gandum dimana kadar gula atau karbohidrat cukup rendah
  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan seperti wortel, kentang, terong

Selain menjaga pola makan dan asupan makanan penting juga untuk menjaga berat badan ideal dengan rutin berolahraga. Batasi juga cemilan yang terbuat dari tepung atau yang manis seperti gorengan, kue, cookies, permen, eskrim, atau minuman kemasan.

Jika kesulitan menjaga kadar kolesterol, periksakan diri pada dokter atau dokter penyakit dalam agar diberikan tatalaksana lebih lanjut untuk menurunkan kadar kolesterol kembali normal. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter spesialis gizi untuk menu diet rendah lemak untuk menjaga kadar kolesterol darah tetap normal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kolestrol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung tanpa gejala apapun

Nyeri di Belakang Leher Tanda Kolesterol Tinggi, Benarkah Demikian?

Banyak orang menganggap bahwa nyeri di belakang leher, sakit kepala, kesemutan, dan pegal-pegal adalah tanda dari kolesterol tinggi. Ternyata tidak ada gejala tertentu saat kadar kolestrol tinggi, namun dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.