Makanan untuk meningkatkan trombosit

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 27 Tahun
Assalamualaikum dokter, 4 bulan lalu pas sakit mama saya cek trombosit hasilnya 60.000, minggu lalu mama saya sakit lagi dan trombositnya cuma 55.000, Apa penyebab trombositnya turun ya dokter? harus makan makanan yang bagaimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, Waalaikumusalam F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Trombosit adalah suatu sel darah yang salah satu fungsinya membekukan darah setelah tubuh mengalami cedera yang mengakibatkan luka sehinggga tidak mengeluarkan darah yang terlalu banyak. Trombosit di dalam tubuh memiliki kadar nilai normal yang berkisar antara 150.000 - 450.000 per kilometer dan apabila terdapat kekurangan kadar atau kelebihan yang signifikan, dapat merupakan tanda dari adanya suatu gangguan atau kelainan pada tubuh.

Kekurangan kadar trombosit pada darah disebut dengan trombositopenia. Umumnya keadaan tersebut terjadi karena produksi keping darah yang yang terganggu di dalam sumsum tulang atau keping darah yang pecah sebelum waktunya yakni dibawah 8 hari. Kekurangan yang tidak terlalu jauh dibawah nilai normal umumnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala. Namun apabila penurunan trombosit terjadi secara drastis hingga mencapai angka 20.000 kebawah, maka perlu ditangani segera karena dapat terjadi perdarahan di dalam tubuh ataupun merupakan tanda dari penyakit yang serius seperti anemia aplastik, infeksi virus, penyakit autoimun, kekurangan zat gizi tertentu (vitamin B12, asam folat, zat besi) dan kondisi kelainan medis lainnya hingga keganasan (kanker). Selain itu, perlu diperhatikan karena dapat terjadi juga sebagai efek dari penggunaan obat-obatan tertentu.

Terkait dengan keterangan mengenai Ibu Anda, perlu dikonfirmasi terlebih dahulu penyakit yang diderita sebelumnya dan yang saat ini diderita, serta dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menelusuri akar penyebabnya. Sebaiknya Anda mengonsultasikannya kembali pada dokter Anda, terutama jika terdapat gejala-gejala, munculnya bintik merah atua kebiruan seperti memar, adanya mimisan atau gusi berdarah yang perdarahannya sulit dihentikan serta gejala lainnya yang mengkhawatirkan.

Untuk membantu menaikan jumlah trombosit, berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi :

  • makanan kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B12 (sayuran berdaun hijau seperti bayam, hati sapi, ragi, sereal dan makanan yang difortifikasi lainnya, dan sebagainya) 
  • makanan yang banyak mengandung vitamin K (kacang kedelai dan olahannya, sayuran hijau seperti brokoli, kale dan lain-lainnya)
  • serta makanan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh seperti makanan kaya akan vitamin C (buah sitrus, kiwi, brokoli) dan makanan kaya akan vitamin D (kuning telut, ikan salmon) serta berjemur untuk mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh
  • makanan kaya akan zat besi (kerang, lentil, hati sapi, kacang merah)

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Thalasemia adalah penyakit darah turunan yang menyebabkan tubuh memiliki lebih sedikit hemoglobin

Apa Penyebab Thalasemia, Penyakit Gangguan Darah Turunan?

Thalasemia adalah kelainan darah turunan sehingga tubuh memiliki lebih sedikit hemoglobin. Padahal, hemoglobin membantu sel darah merah membawa oksigen. Akibatnya, penderitanya kerap mengalami anemia dan merasa lesu. Penyebab thalasemia adalah mutasi DNA pada sel yang bertugas memproduksi hemoglobin.