19 Sep 2021, 11:01Penyakit Lainnya

makanan untuk lansia yang susah makan

E
Info Penanya: E0
Dok, oma saya sudah berumur dan belakangan ini sulit sekali makan. Apa penyebab dari lansia susah makan? Adakah rekomendasi makanan untuk lansia yang susah makan? Selain melalui makanan, adakah cara lain untuk mengembalikan nafsu makannya?
89 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Gangguan makan yang dialami oleh lansia, disebut juga dengan anoreksi geriatri. Kondisi ini terjadi akibat karena seiring pertambahan usia maka fungsi organ tubuh juga semakin menurun. Penyebab gangguan makan pada lansia adalah
  • Perubahan hormon
  • Kesulitan mengunyah dan menelan
  • Kurang aktivitas pada lansia sehingga tidak lapar
  • Perubahan fungsi pengecapan dan pencernaan

Mengatasi lansia sulit makan

Menurunnya nafsu makan pada lansia, juga dipengaruhi oleh kondisi psikologisnya seperti depresi, demensia, maupun adanya penyakit tertentu yang memperburuk nafsu makan pada lansia. Beberapa upya yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan ini adalah memberikan lebih banyak bumbu pada makanan seperti rempah-rempah alami dan garam laut agar makanan lebih sedap. Pilih makanan lembut yang mudah di telan misalnya tahu, dan berikan juga cemilan sehat.Jika memang membutuhkan gigi palsu, lakukan konsultasi ke dokter gigi agar oma Anda dapat mengunyah dengan lebih baik. Selalu temani nenek Anda untuk mencegah depresi dan gangguan psikologis lain serta minum obat secara teratur jika ada penyakit kronis.Dokter khusus lansia adalah dokter geriatri yang umumnya adalah sub spesialis dari dokter penyakit dalam dokter umumnya menyarankan untuk memberikan makanan kaya omega-3 umtuk menambah nafsu makan seperti ikan salmon, bubur dari kacang hijau maupun susu kedelai. Vitamin penambah nafsu makan yang dapat diberikan pada lansia adalah curcuma 1x sehari.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
nutrisi lansiagangguan lansiakesehatan lansia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil