29 Sep 2021, 15:00Perut

Apakah makanan yang dijilat hewan peliharaan berbahaya bagi kesehatan ?

XT
Info Penanya: XT0
Hallo dok, saat saya makan dan tinggal makanan saya, peliharaan saya menjilat makanan saya. Tapi tdk banyak hanya sdikit permukaan. Apakah berbahaya? Apakah ada penyakit yg membahayakan seperti kanker ataupun HIV? Saya panik dok.
69 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, X.Memelihara binatang adalah salah satu hobi yang dapat menghilangkan stress dan mengisi kesibukan sehari-hari. Memelihara binatang harus sepenuh hati karena mereka hewan bernyawa yang dapat mati jika tidak kita beri makan dan rawat dengan baik.

Apakah makanan yang dijilat hewan peliharaan berbahaya bagi tubuh ?

Saat Anda makan dan tinggal makanan Anda, hewan peliharaan menjilat makanan Anda di bagian permukaan makanan. Beberapa penyakit yang dapat hewan peliharaan Anda tularkan melalui jilatan pada makanan Anda antara lain :
  • Infeksi cacing atau parasit dengan keluhan sakit perut, mual dan diare.
  • Infeksi bakteri Salmonella, campylobacter, clostridium, E.coli.
Makanan yang sudah dijilat hewan peliharaan sebaiknya tidak Anda konsumsi guna menghindari kemungkinan penyakit. Namun liur dari hewan tidak dapat menyebabkan kanker atau menularkan HIV pada manusia. Jadi Anda tidak perlu panik dan cemas berlebihan ya.Jika setelah mengkonsumsi makanan tersebut Anda mengalami beberapa gejala termasuk mual, muntah dan diare, segera ke dokter penyakit dalam. Minum yang cukup. Saat makan, pastikan hewan peliharaan tidak menyentuh makanan Anda. Cuci tangan sebelum dan sesudah Anda makan dan selalu jaga kesehatan Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
makanan sehatmakanan tidak sehathewan peliharaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil