Makanan Pedas dengan Riwayat Maag. Apakah Membahayakan?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 2019 Tahun
Dok. Saya mau tanya. . Apasih penyebab nya kalo saya keseringan makan pedas. Minggu kemarin saya makan pedas itu hampir 8kali . Makan mie Kober yang super pedas . Nah efek nya itu cuma perut sakit ketika malam sama pagi . Siang itu kerasa lapar tapi ga nafsu buat makan . Nah itu kira² udah masuk ke penyebab apa? Ataukah kemungkinan ada penyakit lain?Awalnya saya punya masalah sama lambung . Waktu periksa itu saya dapet obat . . Jadi gimana dok ya ... Saya ini ? apakah ada penyakit yang membahayakan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, A

 

Makanan pedas memang memberikan sensasi yang unik pada mereka yang menyukainya. Tapi untuk yang memiliki riwayat sakit lambung sebaiknya dihindari. Keluhan nyeri perut, perasaan lapar tapi udah kenyang. Hal itu sudah menunjukkan gejala awal kambuhnya lambung anda.

Makanan pedas adalah salah satu penyebab gangguan asam lambung. Sehingga akan meningkatkan resiko asam lambung dan sakit maag.

Makanan atau minuman lainnya yang menyebabkan peningkatan asam lambung :

- daging

- makanan berlemak, berminyak dan manis. 

- Buah-buahan, sayur dan jus terutama jeruk, lemon, tomat, anggur dan lainnya yang bersifat asam

- Minuman seperti alkohol, kopi, wine atau teh.

- Produk Susu Sapi / Dairy seperti es krim, milkshake, keju atau krim asam

- Merokok

- Minuman bersoda

Hindari makanan dan minuman di atas agar sakit maag anda tidak kambuh. Tips lainnya untuk anda jangan menunda waktu makan, kurangi minum kopi, istirahat cukup dan perbanyak minum air putih.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips berpuasa untuk penderita maag meliputi pilihan makanan dan minuman yang tepat

Tips Berpuasa untuk Penderita Maag Agar Puasa Lancar di bulan Ramadhan

Sakit maag tidak menjadi halangan bagi anda untuk menjalankan ibadah puasa. Dengan pilihan makanan dan minuman yang tepat, anda dapat terhindari dari sakit maag.