Makanan dari serbuk beras merah apakah boleh diberikan untuk anak usia 10 bulan?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 26 Tahun
Pagi dok...Saya mau tanya smlam saya dikasih sama ttangga serbuk beras merah dari produk nasa tp dy beli krna hamil tdk slera mkan tp dy tdk doyan jd dkasihkan saya kira2 produk itu bisa gk diminumkan tuk anak saya dok usia anak saya 10bulan....?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DA,

Makanan adalah hal pokok dan penting bagi berlangsungnya metabolisme pada manusia. Cakupan karbohidrat, protein, lemak dan mineral yang seimbang sangat diperlukan tubuh guna menyokong sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Seiring berkembangnya zaman banyak produk olahan makanan yang ditawarkan dan banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh maupun sistem pencernaan kita dimana salah satunya adalah produk olahan dari beras merah.

Beberapa manfaat dari beras merah untuk tubuh adalah :

  1. Membantu kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan manusia hal ini disebabkan beras merah mengandung kalori yang rendah dan mengandung serat yang baik.
  2. Membantu mencegah penyakit Haemorrhoid atau Wasir.
  3. Melancarkan proses Buang air besar.
  4. Bagus bagi penderita diabetes karena mengandung kalori lebih sedikit dibanding beras biasa.

Dalam beberapa kondisi anda sebaiknya juga mempertimbangkan apakah asupan makanan tersebut cocok bagi anak anda yang masih 10 bulan, hal ini dikarenakan sistem pencernaannya tidak sama atau belum sempurna seperti orang dewasa. oleh karena itu sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu dalam memberikan asupan makanan lain selain ASI (Air Susu Ibu) yang didalamnya mengandung probiotik, protein mineral yang berguna bagi anak Anda.

Berikut ini saya sertakan artikel Makanan yang cocok bagi anak usia mulai 6 bulan keatas. Konsultasikan dengan dokter bila Anda mempunyai pertanyaan lebih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menanamkan pola makan sehat pada anak sejak dini dapat menghindarkan mereka dari gangguan makan

10 Cara Menanamkan Pola Makan Sehat pada Anak

Pola makan sehat pada anak perlu ditanamkan sejak dini agar mereka dapat tumbuh dengan optimal dan menghindarkan mereka dari berbagai gangguan makan. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar anak memilki kebiasaan makan sehat, antara lain buat jadwal, batasi camilan, dan masak bersama.