Makan tiap hari maximal 300 kalori, merasa panik dan memuntahkannya

DA Info Penanya: DA, Wanita, 2019 Tahun
saya sudah tidak makan nasi selama sekitar 11 bulan lebih. makanan saya hanya buah dan sayur. tiap kali keluarga atau teman saya mengajak makan bersama saya selalu panik dan memuntahkannya. lalu bersedih dan olahraga. saya menargetkan tiap hari hanya maximal 300kalori, itupun kalo pas 300, saya stres sendiri. tiap malem gabisa tdr. saya harus apa dan kenapa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Kebutuhan kalori seseorang perlu disesuaikan dengan usia dan juga aktivitas fisik sehari-hari dimana rata-rata perempuan dewasa memerlukan 2000 kalori perhari. Dengan asupan yang Anda konsumsi saat ini dapat dikhawatirkan terjadi beberapa gangguan baik gangguan pada metabolisme tubuh, gangguan nutrisi, gangguan keseimbangan elektrolit ataupun gangguan makan seperti anoreksia dimana hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih berat seperti kerusakan organ seperti pankreas, hati, jantung dan organ tubuh lainnya. 

Anoreksia sendiri merupakan salah satu kondisi gangguan mental yang membuat penderitanya selalu berusaha menurunkan berat badan dengan cara ekstrim, baik membatasi asupan makan secara berlebihan, olahraga secara berlebihan, mengecek berat badan berulang, menarik diri dari kehidupan sosial, merasa lelah, merasa bersalah, mudah marah, sulit tidur, dan juga dapat berbohong mengenai asupan makana yang dikonsumsi.

Untuk itu ada baiknya agar Anda berkonsultasi pada dokter ahli psikiatri dan dokter ahli gizi agar dapat mengatasi permasalahan yang dialami baik melalui konseling dan pendekatan lain sehingga dapat melakukan diet dengan cara yang sehat untuk menjaga berat ideal sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi sehat dan bugar untuk dapat mengerjakan aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selenium adalah salah satu mineral mikro dengan fungsi dan manfaat yang menakjubkan

Mengenal Selenium, Mineral dengan Fungsi dan Manfaat yang Menakjubkan

Sebagai salah satu mineral mikro, selenium menjalankan fungsi penting untuk tubuh. Tak hanya itu, selenium juga memiliki manfaat kesehatan. Manfaat selenium tersebut termasuk mencegah kanker, lho!