Makan buah sebelum atau sesudah makan

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Dok, mau nanya nih. Yang benar itu makan buah2an sebelum makan atau sesudah makan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HS,

Memang sering kita dengar beberapa cerita atau mitos mengenai kapan waktu yang benar untuk mengonsumsi buah dimana ada yang menyatakan saat perut kosong atau makan buah setelah makan bisa menimbulkan fermentasi atau menimbulkan efek tertentu, tetapi pada berdasarkan beberapa penelitian buah bisa dikonsumsi kapan saja dan beberapa mitos mengenai waktu makan buah tidak lah terbukti. Jadi buah bisa dikonsumsi kapan saja dan juga bisa diperhatikan manfaat dari masing-masing buah yang akan dikonsumsi.

Pada pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI juga menjelaskan bahwa salah satu pilar prinsip gizi seimbang adalah mengonsumsi makanan dengan beraneka ragam dan salah satunya adalah mengonsumsi buah-buahan 2-3 porsi setiap harinya dengan pedoman menggunakan "Isi Piringku" dimana buah perlu memenuhi 1/6 bagian dari isi piring gizi seimbang seperti pada gambar di tautan berikut: ISI PIRINGKU

Anda juga kami sarankan untuk bisa membaca artikel kesehatan kami mengenai buah-buahan rendah kalori. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat berbagai manfaat buah rambutan bagi kesehatan di balik penampilannya yang tidak menyenangkan

Manfaat Buah Rambutan yang Lebih Manis dari Rasanya

Tidak hanya rasanya yang manis, buah rambutan juga baik untuk kesehatan! Manfaat buah rambutan beragam. Mulai dari membantu dalam menurunkan berat badan sampai berpotensi mencegah kanker.