Apakah suntik KB efektif dalam menunda kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Haloo, Dok, saya mau nanyak, kan saya suntik KB yang 3 bulan, terus 2 minggu sebelum waktunya suntik saya berhubungan, tapi , pada saat itu juga saya sedang flek atau keluar darah,, apakah saya bisa hamil dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Bila dilakukan secara rutin dan terjadwal sesuai dengan ajuran jadwal yang sudah diberikan, suntik KB dapat secara efektif menunda kehamilan hingga 99%. Dimana, hanya ada 1% kemungkinan terjadinya kehamilan. Tetapi, apabila suntik KB ini dilakukan secara tidak rutin, maka semakin besar mucnulnya peluang untuk terjadinya kehamilan.

Beberapa kelebihan dari suntik KB yaitu:

  • Dapat bertahan lama 8-13 minggu (tergantung jenisnya)
  • Tidak bereaksi saat mengonsumsi obat lain
  • Tidak perlu menhitung masa subur saat akan melakukan hubungan seksual
  • Tidak perlu mengonsumsi pil KB setiap hari
  • Tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lain saat melakukan hubungan seksual
  • Relatif aman bagi ibu menyusui
  • Dapat memantu meredakan nyeri saat menstruasi

Selain beberapa kelebihan, terdapat pula beberapa kekurangaan dari Suntik KB seperti siklus menstruasi menjadi tidak teratur, nyeri pada payudara/kepala/perut, nyeri atau iritasi pada area suntikan, munculnya jerawat, naiknya berat badan dan lain lain.

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila Anda rutin dan tidak pernah terlambat saat melakukan suntik KB maka kemungkinan tidak terjadi kehamilan. Namun, ketika Anda melakukan hubungan seksual saat Anda sedang flek / perdarahan jusru dikhawatirkan hubungan seksual tersebut dapat memicu adanya infeksi pada organ reproduksi wanita. Untuk itu, sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual ketika sedang flek.

Konsumsilah makanan sehat bergizi siembang, hindari stres, hindari kelelahan, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda. Lakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis kandungan terdekat bila terdapat keluhan. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab vagina terasa gatal adalah infeksi jamur pada vagina

Vagina Terasa Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vagina terasa gatal saat hamil salah satunya terjadi karena perubahan tingkat keasaman (pH) pada vagina. Akibatnya, muncul iritasi pada permukaan kulit di area tersebut. Walaupun begitu, vagina terasa gatal bukanlah sesuatu yang berbahaya.