24 May 2020, 13:26Penyakit Lainnya

Apa gejala dari maag kronis?

DN
Info Penanya: DN, Pria, 30 Tahun
Selamat siang doc,Saya selama ini menderita maag akut, dan saat ini sedang kambuh, namun kali ini berbeda banyak sekali keluhan yang dirasakan.1. Napas terkadang sesak2. Perut sering berbunyi wlwpun sudah makan3. Nyeri di bahian perut bawah(usus) apalagi kalau di tekan.4. B.A.B tidak serutin biasanya.5. Bagian dubur terasa panasNamun saya tidak ada keluhan naik nya suhu tubuh(demam), atau sakit kepala.Semua normal.
12218 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, D.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Maag merupakan suatu penyakit yang diakibatkan karena meningkatnya asam lambung dan infeksi bakteri H. pylori. Biasanya ditandai dengan nyeri ulu hati. Maag berdasarkan jangka waktunya ada dua jenis yaitu maag akut dan kronis. Maag akut muncul tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka pendek. Sedangkan maag kronis muncul seiring berjalan waktu dan butuh pemantauan lebih lanjut. 

Gejala maag kronis

Gejala dari maag kronis, yaitu:
  • Sakit perut.
  • Sesak napas. 
  • Mual dan muntah.
  • Tidak nafsu makan.
  • Perut terasa penuh. 
  • Cegukan.
  • Penurunan berat badan.
Terkait dengan gejala Anda ini, kemungkinan penyebabnya bisa karena maag kronis. Namun, kemungkinan disertai juga dengan infeksi saluran pencernaan. Sebaiknya, untuk memastikannya, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam sehingga dapat diberikan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya.Untuk mengurangi gejala Anda ini, Anda dapat mengkonsumsi obat sakit perut yang bisa dibeli bebas di apotek, mengkonsumsi obat maag seperti antasida, kompres perut dengan air hangat, dan mengubah gaya hidup (menghindari makanan yang pedas, asam, berminyak, dan beralkohol).Salam sehat,dr. Ester
maaggangguan pencernaansaluran pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil