26 Sep 2020, 18:36Psikologi

Apakah ada hubungan sakit lambung dengan cemas?

WP
Info Penanya: WP0
Dok 3 bulan ini saya menderita asam lambung. Akhir” ini saya sudah merasa mendingan. Tapi 2 hari terakhir ini saya merasa dada kiri berat, dada plong tapi tidak tenang, kepala pusing dan kliyengan, badan lemes, dan tidur tidak tenang. Apakah ada masalah di lambung saya atau karena kecemasan? Kalo kecemasan adakah tips agar kecemasannya mereda dan apakah saya harus ke pskiater?
1087 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang WP,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Gangguan cemas dan asam lambung memang dua hal yang berkaitan dan bisa berhubungan. Saat kita cemas tubuh akan terstimulasi untuk memproduksi hormon kortisol (hormon stres). Salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan adalah aktifitas sel kelenjar di saluran pencernaan yang meningkat. Sehingga orang yang sedang cemas, akan merasajan ulu hati panas, mual, muntah, sesak dan kembung. Dan saat tubuh meningkat karena asam lambung, maka aktifitas di otak neurotransmiter GABA akan terpengaruh sehingga dapat menyebabkan cemas, panik dan takut. Sehingga memang ada pengaruh antara sakit lambung dan cemas.

Beberapa tips untuk menjaga keseimbangan asam lambung dan stres :

  • Hindari makanan yang mengandung asam, berlemak dan pedas
  • Hindari konsumsi kafein dan minuman yang mengandung alkohol
  • Istrirahat cukup
  • Hindari stres usahakan untuk berpikiran positif
  • Lakukan kegiatan yang bermanfaat seperti olaharaga, melakukan hobi, dll
  • Usahakan tidak berbaring setelah makan
  • Hindari rokok dan alkohol
Jika Anda merasakan kesulitan dalam meredakan cemas atau sehingga menganggu aktifitas sehari-hari, sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut ke psikiater atau psikolog. Dan jika asam lambung Anda selalu berkeluhan, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga informasi yang diberikan bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
asam lambunggangguan kecemasantukak lambung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil