Maag, dada, punggung terasa nyeri

SS Info Penanya: SS, Pria
Saya penderita mag . Sudah beberapa hari mag saya kambuh. Dada dan punggung saya terasa nyeri. Pada saat saya mandi sore . saya tidak lagi batuk. Tapi pada saat saya mau buang dahak ternya keluar darah segar bercampur dahak. Kira kira satu sendok makan. Setlah itu saya batukan tidak keluar lg darah nya. Tengorokan sya juga setelah itu terasa kering sekali. Apakah ini disebabkan asam lambung?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SSP,

Keluhan batuk berdarah bisa disebabkan oleh :

  • TBC paru. Pada penyakit ini biasanya disertai batuk lebih dari 3 minggu, demam, keringat malam, penurunan berat badan, hingga batuk berdarah dengan darah berwarna merah segar.
  • Faringitis. Selain keluhan nyeri menelan, kadang bisa disertai dengan keluhan batuk berdahak disertai bercak darah.
  • Kanker paru. Selain keluhan batuk berdarah makan juga dijumpai penurunan berat badan, dan seringkali menyerang pada orang-orang yang sering terpapar asap rokok (baik perokok aktif maupun perokok pasif).
  • Perdarahan dari lambung. Seseorang dengan keluhan maag yang parah dapat muncul luka di lambungnya. Luka ini akan berdarah namun darah yang bercampur dengan asam lambung akan berwarna coklat kehitaman. Pada penderita ulkus lambung maka akan dijumpai keluhan BAB dengan kotoran berwarna hitam seperti petis, atau muntah darah dengan warna kecoklatan.

Pada kasus Anda belum dapat dipastikan apakah darah berasal dari lambung atau dari paru-paru, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah seperti :

  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak.
  • Hindari minuman berkafein, alkohol, dan soda.
  • Makan secara teratur, lebih baik porsi kecil namun sering.

Bila keluhan batuk berdarah semakin sering dan disertai dengan lemas, darah berwarna hitam, muntah maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab badan kurus tanpa alasan bisa berupa faktor keturunan hingga penyakit tertentu

Jangan Senang Dulu, Kenali Penyebab Badan Kurus Meski Tidak Diet

Badan kurus tanpa alasan, ternyata ada beberapa faktor penyebabnya yaitu, hipertiroid, tuberkulosis, diabetes, dan gangguan sistem pencernaan.