Terlambat haid 6 hari lalu keluar darah banyak karena apa?

MA Info Penanya: MA
Selamat pagi dok. Saya mau bertanya. Sudah 6 hari saya telat haid. Lalu malamnya keluar darah banyak. Tapi hari-hari sebelumya saya merasakan mual&muntah. Ini gejala apa ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Terlambat haid adalah salah satu keluhan yang banyak dialami wanita pada usia remaja sampai dewasa muda. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari gangguan hormonal, kehamilan, gangguan organ reproduksi, stres, perubahan berat badan yang mendadak dan cepat, efek samping KB, gangguan kesehatan lain seperti gangguan metabolisme tubuh, gangguan kelenjar tiroid dan lainnya.

Apabila 6 hari mengalami keterlambatan lalu terjadi perdarahan hal tersebut bisa disebabkan oleh menstruasi. Perhatikan apakah perdarahan berlangsung hingga lebih dari 1 hari. Jika perdarahan menstruasi dan kurang dari 3 hari atau terjadi lebih dari 7 hari maka bisa merupakan menstruasi yang kurang lancar.

Apabila sebelumnya sudah menikah dan ada riwayat seksual, dapat juga merupakan tanda kehamilan. Dimana untuk mengetahuinya bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack. Mual dan muntah yang terjadi sendiri bisa tidak berkaitan langsung, dimana mual dan muntah bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti gangguan pencernaan, keracunan makanan, alergi makanan dan lainnya.

Apabila nantinya setelah perdarahan tidak timbul lagi perdarahan lanjutan, siklus menstruasi masih berantakan atau bisa lebih cepat dari 21 hari atau lebih lambat dari 35 hari, atau bahkan sampai terlambat haid lebih dari 90 hari maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.