Bintik-bintik di lutut, apa penyebabnya?

YI Info Penanya: YI
Hi dok, dilutut saya tiba-tiba muncul seperti jerawat kecil dan gatal trus saya garuk dan keesokan harinya bernanah dan besar disertai dengan nyeri dan sekara muncul bintik-bintik yg gatal di sekitar lutut yang terdapat nanah tersebut. Mohon dibantu dijawab ya dok.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YIP.

Bintik-bintik kecil pada kulit seringkali mengganggu, baik karena gatal, perih, atau karena tidak enak dipandang. Hal ini bisa terjadi pada bagian kulit mana saja, misalnya muka, punggung, dan lutut. Penyebabnya pun bervariasi, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang cukup serius.

Hal yang paling sering menyebabkan bintik-bintik di kulit adalah jerawat. Selain itu, dermatitis (peradangan kulit), eksim, atau penyebab lainnya karena infeksi virus atau bakteri juga bisa menyebabkan bintik-bintik tersebut. 

Oleh karena itu, disarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dilakukan pemeriksaan secara langsung. Dokter akan memberikan terapi obat-obatan atau pembersihan luka yang sesuai dengan penyebabnya. 

Untuk sementara, hindari menggaruk bintik-bintik tersebut, karena dapat memicu infeksi lanjutan seperti nanah yang Anda alami sekarang. Usahakan area yang gatal agar tidak terlalu kering maupun lembab, gunakan celana yang tidak ketat dan menyerap keringat. Anda juga bisa mengonsumsi obat antihistamin yang dijual bebas sesuai dosis untuk meringankan gejala gatal.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah tercatat dalam sejarah

Penyakit Kusta dalam Sejarah, Pernah Dianggap Kutukan Di Semua Benua

Penyakit kusta adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan kulit dan kerusakan saraf parah di bagian lengan, kaki dan kulit di seluruh badan. Penyakit kusta pernah menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia seperti Mesir, Yunani, Eropa.