Lupa minum obat ARV, harus bagaimana?

MP Info Penanya: MP
Dok mau tanya... Kalau seandainya lupa sehari minum obat arv gimana dokter? Dan nohon penjelasanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MP.

ARV adalah singkatan dari Anti Retro Viral, yaitu golongan obat-obatan yang digunakan bagi penderita HIV (Human Immunodeficiency Virus). Obat ini digunakan untuk mencegah virus berkembang biak secara lebih progresif.

ARV memiliki beberapa efek samping seperti penurunan nafsu makan, perubahan kadar lemak tubuh, gangguan pencernaan seperti diare atau mual, perubahan kadar kolesterol, ruam pada kulit, dan kelelahan. Selain itu, ada juga efek samping jangka panjang seperti gangguan hati, gangguan ginjal, diabetes, dan lain-lain.

Walaupun begitu, mengonsumsi obat ARV dapat membuat penderita HIV hidup secara normal dan bisa beraktivitas sehari-hari. Sehingga jika Anda atau kerabat dekat Anda menderita HIV, sebaiknya minum ARV sesuai anjuran. Jika lupa selama beberapa jam, segera minum obat tersebut ketika Anda ingat. Anda juga bisa membuat jadwal rutin minum obat yang berhubungan dengan aktivitas harian agar lebih mudah diingat, misalnya setelah sikat gigi.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, hindari merokok, rutin berolahraga, dan mengendalikan tingkat stres. Jangan lupa berkonsultasi sesuai jadwal kepada dokter spesialis penyakit dalam atau divisi VCT di rumah sakit Anda.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macam-macam virus, seperti corona, dapat menjangkiti manusia

Tak hanya Corona, Ini Macam-Macam Virus yang Berbahaya bagi Manusia

Selain virus corona, macam-macam virus yang harus Anda waspadai, yakni HIV, dengue, rotavirus, hepatitis, maupun virus lain yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.