06 Aug 2021, 20:16Kandungan

Tidak suntik KB tepat waktu dan berhubungan badan dengan suami, apakah bisa hamil ?

BD
Info Penanya: BD0
malam dok.. begini dokter sebenrnya tanggl 7 bulan kemarin saya suntik KB. dan saya baru pergi suntik pada tanggl 26 tapi sebelum suntik saya melakukan hubugan badan dengan suami.. apakah saya hamil dok wlpun saya suda pergi suntik KB
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, B.Suntik KB salah satu alat kontrasepsi pilihan wanita dimana kandungan suntik KB adalah hormon yang membantu mencegah terjadinya pembuahan. Suntik KB dilakukan setiap 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali tergantung jenis yang Anda pilih.

Apakah berhubungan badan sebelum suntik KB, bisa hamil ?

Anda yang seharusnya tanggal 7 kembali suntik KB, lalu baru suntik KB tanggal 26, sebelum suntik KB melakukan hubungan badan dengan suami, dapat menyebabkan kehamilan karena saat Anda tidak suntik KB tepat waktu, maka hormon yang ada tidak dapat mencegah pembuahan.Suntik KB juga perlu waktu dalam berkerja efektif sehingga sebaiknya diberikan jarak sekitar 1 minggu setelah suntik KB baru Anda melakukan hubungan seksual. Anda juga dapat menggunakan kondom sebagai pengaman tambahan jika tetap ingin berhubungan seksual segera setelah suntik KB.Jadi jika setelah Anda berhubungan badan dengan suami, Anda tidak kunjung haid, ini dapat dikarenakan kehamilan sehingga perlu test pack untuk mengetahuinya. Namun jika hasil test pack sebanyak 2 kali menunjukkan hasil yang negatif, maka ini dapat disebabkan oleh efek samping penggunaan suntik KB. Konsultasi dan lakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan jika Anda tidak kunjung haid dengan hasil test pack meragukan. Ingat untuk selalu suntik KB tepat waktu agar kehamilan dapat dicegah.Semoga bermnafaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil