15 Jul 2020, 07:26Kandungan

Bagaimanakan cara mengetahui usia kehamilan?

BC
Info Penanya: BC, Wanita, 24 Tahun
Hai dok saya echa umur saya 25,dan saya lagi hamil anak pertama,sekarang usia kandungan saya sudah 38 Minggu 5 hari,dan itu menurut jangkaan asal² an aja,soal nya saya lupa tanggal terakhir saya menstruasi.Tapi waktu terdeteksi dapat tau saya hamil waktu itu saya pergi cek pada tanggal tersebut usia kandungan sudah 4 Minggu 5 hari dan jangkaan saya melahirkan pada tahun ini tgl 24,pertanyaan saya ..apa kah betul perhitungan saya dok.
8958 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, BTerima kasih atas pertanyaan Anda.Kehadiran buahati memang dinantikan hampir  setiap pasangan suami istri. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan oleh banyak pasangan suami istri melakukan program hamil agar mendapatkan kehamilan. Tanda pasti dari kehamilan adalah dengan tes kehamilan, hasil pemeriksaan fisik dan juga hasil pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter kandungan. Setelah terjadi kehamilan, pastinya menantikan hari kelahiran buah hati. Untuk dapat mengetahui usia kehamilan dan juga hari perkiraan lahir dapat diketahui dengan beberapa cara.

Adapun cara yang dilakukan yaitu:

  • Berdasarkan Last Mestrual Period 
    • Last mesntrual period atau dalam bahasa indonesia sering disebut dengan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Usia kehamilan dapat dihitung saat Anda mengetahui HPHT Anda, dan juga dapat diperkirakan kapan Hari Perkiraan Lahir (HPL)
  • Menggunakan USG kehamilan
    • Dengan menggunakan sebuah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan dengan menggunakan alat dengan gelombang frekuensi suara tinggi. Sealin mengetahui usia kehamilan, USG kehamilan juga dapat digunakan untuk mengetahui berat badan janin, jenis kelamin janin, dah pertumbuhan serta perkembangan janin.
Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila Ada lupa hari pertama haid terakhir (HPHT) Anda, maka perhitungan yang dilakukan berdasarkan tanggal kira-kira yang Anda sampaikan saat dilakukan pemeriksaan tersebut, menyebabkan perhitungan usia kehamilan dan hari perkiraan lahir juga kurang tepat. Sebaiknya, Apabila Anda lupa dengan HPHT Anda, periksalah ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan USG kehamilan. Agar mendapatkan usia pasti dari kehamilan Anda.Tetap konsumsi makanan bergizi siembang, hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar terhindar dari dehidrasi.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
menjaga kehamilanhamilpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil