10 May 2021, 22:58Kandungan

Lupa KB, berhubungan seks setelah haid, bisa hamil?

YN
Info Penanya: YN0
Malam dok,saya mau tanya .apakah bisa hamil jika berhubungan setelah 2 hari selesai haid ,disaat itu saya lupa suntik KB ulang 2hari setelah haid saya lupa seharusnya sudah suntik ulang kembali.saya telat 5 hari suntik KB nya dok.terimakasih sebelumnya
594 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, YTerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB mempunyai efektifitas mencapa 99% bila dilakukan sesuai dengan jadwal, namun bila jadwal suntik KB sering lupa atau terlambat efektifitas dari pemakaian suntik KB akan menurun. Jika efektifitas dari suntik Kb ini menurun, maka peluang terjadinya kehamilan semakin besar. Melakukan hubungan seks saat sedang dalam masa subur berpeluang besar terjadi kehamilan. Meskupun demikian, melakukan hubungan seks saat sedang haid, sesudah haid atau diluar masa subur, tetap berpeluang terjadi kehamilan. Tentunya peluang terjadinya kehamilan tidak sebesar saat wanita sedang dalam masa subur. 

Apakah lupa suntik KB dan berhubungan seksual ada peluang untuk terjadi kehamilan?

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, bila Anda lupa jadwal dan terlambat suntik KB serta melakukan hubungan seksual dengan pria berejakulasi di dalam vagina wanita, maka ada peluang untuk terjadinya kehamilan. Sehingga alangkah baiknya lakukan tes kehamian terlebih dahulu untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak saat akan melakukan suntik KB kembali. Usahakan untuk tetap konsumsi makanan bergizi, lakukan istirahat cukup, hindari kelelahan, jaga kebersihan dan kesehatan organ intim Anda, dan lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat terkait degan penggunaan KB dan konsultasi terkait kesehatan organ reproduksi wanita.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil