15 Mar 2021, 10:34Kandungan

Lupa kapan HPHT, apakah bisa tau HPL?

AH
Info Penanya: AH0
pagi dok, saya mau tanya saya lupa kapan HPHT saya,,, ketika merasa sudah telat haid saya pun melakukan tes kehamilan,,, tapi pas saya melakukan tes kehamilan tanggal 5 agustus 2020 hasilny masih negatif, kemudian melakukan tes kembali tanggal 13 agustus 2020 hasilny sudah garis 2, kira2 HPL saya kapan ya dok
144 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AH,HPHT adalah hari pertama haid terakhir yang sering digunakan untuk menjadi patokan menghitung usia kehamilan. Apabila lupa kapan HPHT maka untuk mengetahui berapa usia kehamilan dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG dimana Hari Perkiraan Lahir atau HPL dan usia kehamilan dapat ditentukan dari pengukuran janin.

Cara mengetahui usia kehamilan dan taksiran melahirkan

Apabila terakhir kali haid adalah bulan Juli, maka perkiraan HPLnya adalah di bulan April. Untuk tanggalnya sendiri perlu dilihat dari kapan terakhir kali menstruasi. Untuk itu ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG. Hasil perhitungan hari perkiraan lahir menurut USG sendiri adalah yang paling akurat.Nantinya melalui pemeriksaan USG juga dapat dinilai apakah kehamilan berjalan baik tanpa masalah dan juga bisa mengetahui informasi tambahan mengenai taksiran berat janin, jenis kelamin janin dan juga hasil pemeriksaan lain yang diperlukan untuk nantinya dapat ditentukan metode persalinan apa yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
melahirkanmenjaga kehamilanpersalinan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil