24 Sep 2021, 05:44Kandungan

apakah memasukkan jari ke vagina menyebabkan luka?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya dan suami habis berhubungan intim dan s suami memasukan jari ke vagina saya dan tiba² berdarah banyak dan setiap jongkok pasti darahnya keluar.apakah itu tidak apa² cmn saya lemes aja
822 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Memasukkan benda apapun ke kemaluan wanita atau vagina baik dengan tangan, alat bantu seks maupun penis memang beresiko menyebabkan adanya lecet, luka atau perdarahan. Perdarahan ini dapat terjadi karena saat melakukan hubungan seksual, vagina masih kering sehingga mudah lecet saat tergesek, bisa juga terjadi luka karena benda yang tajam seperti kuku, maupun adanya infeksi, iritasi, dan gangguan hormonal.

Menjaga kesehatan organ reproduksi

Apabila Anda baru saja melakukan hubungan pertama kali, maka perdarahan dapat berasal dari robekan selaput dara. Namun jika hubungan ini bukan hubungan pertama Anda maka adanya perdarahan yang tidak disebabkan oleh menstruasi, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Memasukkan jari sebenarnya tidak selalu akan menyebabkan perdarahan jika dilakukan pelan-pelan dan pada saat vagina sudah basah. Namun tindakan ini juga dapat menyebabkan iritasi atau infeksi pada vagina jika tangan kotor dan ad abakteri yangh masuk ke vagina. Untuk sementara, hindari hubungan seksual selama masih perdarahan, dan jika perdarahan berhenti dengan sendirinya maka Anda tidak perlu kawatir. Namun jika perdarahan bukan haid dan terjadi terus menerus lakukan pemeriksan ke dokter kandungan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kelamin perempuanperdarahanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil