Luka tertusuk serpihan kayu bagaimana solusinya?

A Info Penanya: A
Selamat sore dok, saya mau nanya, keluhan saya, saya habis terkena luka tusuk di jari telunjuk sebelah kiri, awalmya hanya nyeri saja tidak ada lukanya. Tetapi 2 hari kemudian bengkak dok jari telunjuk saya dan ada seperti nanahndidalamnya, kemudian sudah lima hri tidak kuniung sembuh/kering masi saja habis pecah trs menggelmbung isi nanah begitu trs dok, pecahnya pun tidak membuka lukanya hanya setitik saja seperti bocor. Solusi penangan dirumh seperti apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Luka tusuk bisa terjadi kapan saja, dan bila tidak ditangani dengan baik dan dianggap sebagai luka kecil yang nantinya akan sembuh dengan sendirinya maka seringkali berakhir dengan infeksi yang bisa berakibat fatal hingga terjadinya tetanus.

Perihal kondisi jari Anda yang sering bernanah kembali dan tidak kunjung sembuh dikhawatirkan masih ada serpihan kayu yang tersisa di dalam jari Anda. Atau adanya proses pengeluaran nanah yang belum bersih, sehingga nanah akan keluar terus dan membuat luka tidak sembuh-sembuh.

Saat ini yang perlu Anda lakukan untuk merawat luka tersebut adalah:

  • Rendam jari menggunakan air hangat.
  • Bila tampak lubang tempat keluar nanah, maka jari harus ditekan sekalian untuk membuang semua sisa nanah yang ada. Biasanya ditekan hingga mengeluarkan darah.
  • Setelah itu bilas dengan air mengalir, dan segera dikeringkan menggunakan handuk bersih.
  • Bila sudah tidak berdarah, maka tutup luka dengan kasa steril agar tidak kena debu.
  • Pastikan sebelum dan setelah perawatan luka Anda mencuci tangan dulu dengan sabun.
  • Lakukan perawatan luka tersebut setiap hari.

Bila dalam 3 hari tetap tidak ada perubahan, badan terasa demam, atau jari semakin bengkak, maka lakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk perawatan lebih lanjut seperti sayatan kecil untuk memastikan nanah bisa keluar semua.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara membersihkan luka sebenarnya sama saja untuk semua jenis luka terbuka

Ketahui Cara Membersihkan Luka Terbuka yang Benar Agar Tidak Infeksi

Sebelum menutup luka dengan plester, Anda harus melakukan cara membersihkan luka yang benar agar terhindar dari infeksi. Pada dasarnya, cara membersihkan luka terbuka sama saja. Ketahui cara membersihkan luka dengan benar melalui artikel berikut ini.