17 Jun 2021, 12:20Kulit & Kelamin

Jaringan ujung jari terpotong mesin apakah dapat tumbuh lagi?

SM
Info Penanya: SM0
Siang dok, Saya mau tanya tangan/lebih tepatnya jari telunjuk dan ibu jari tangan sebelah kiri saya terkena mesin dan fatalnya daging di jari saya bagian ujung bawah hilang karena terkena mesin hanya menyisakan kukunya saja di bagian atasnya. Apakah daging di jari bisa tumbuh seperti semula lagi? Mohon jawabnya dok terimaksih.
1183 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Ujung jari yang terpotong oleh mesin, dapat tumbuh kembali jika bagian yang hilang hanya sebatas kulit saja. Namun jika bagian yang hilang cukup banyak hingga jaringan ikat, maka mungkin pemulihan dari pertumbuhan jari Anda tidak akan dapat sesempurna bentuk asli sebelum kecelakaan tersebut atau bisa dibilang dapat membentuk cekungan.

Penanganan luka terpotong

Kedalaman luka, juga sangat mempengaruhi seberapa cepat penyembuhan akan terjadi. Jadi perlahan-lahan akan terjadi regenerasi jaringan yang tipis, baru kemudian jaringan akan semakin banyak dan semakin berlapis hingga akhirnya dapat mendekati normal. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan pada luka, untuk amannya lakukan pemeriksaan dan perawatan luka ke dokter terdekat sehingga tidak terjadi risiko infeksi.Semakin cepat penyembuhan luka maka resiko infeksi akan semakin menurun. Jika terasa nyeri Anda juga dapat mengkonsumsi obat paracetamol untuk meredakan nyeri tersebut. Bersihkan luka secara rutin hingga luka tertutup sempurna, lakukan juga pemeriksaan ke dokter spesialis bedah bila luka menghitam, berbau busuk, mengeluarkan nanah, atau membengkak dan terjadi demam.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penyembuhan lukaluka traumatisbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil