25 Apr 2021, 20:51Kulit & Kelamin

Luka terkena knalpot apa obatnya?

AS
Info Penanya: AS0
Kaki saya kena knalpot. Udah aku kasih salep bioplacenton tapi tak kunjung kering. Bahkan kulit sebelahnya ikut terinfeksi. Ada cara lain kah dok? Apakah pakai lidah buaya efektif? Sama 1 lagi kalau mau di olesin apa cairan yg kering dihilangi dulu apa langsung diolesin?
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AS,Luka bakar akibat kena knalpot motor sangat sering terjadi. Sehingga Anda perlu mengetahui cara penanganannya yang tepat. Karena meski tampaknya sepele bila penanganannya tidak tepat maka bisa saja menjadi infeksi. Kapan Anda kena knalpotnya? Untuk penyembuhan luka bakar akibat knalpot rata-rata memerlukan waktu diatas 10 hari. Semakin merah atau luas lukanya tentu semakin lama pula penyembuhannya.

Penanganan luka kena knalpot:

  • Segera kompres dengan es batu saat pertama kali kena panasnya.
  • Hindari mengoleskan pasta gigi, kecap pada lukanya karena tidak membawa perubahan pada proses panasnya.
  • Anda boleh mengoleskan lidah buaya.
  • Namun sudah tepat bila Anda mengoleskan bioplacenton.
  • Setiap kali mau mengoleskan salepnya maka luka harus dikompres air hangat, dibersihkan bagian yang tampak kuning-kuningnya. Bila sudah tampak merah bersih baru dioleskan salepnya.
  • Anda juga bisa mengoleskan salep yang mengandung silver sulfadiazine sehari 2-3 kali. Dan pastikan dibersihkan dulu lukanya sebelum mengoleskan salepnya.
  • Tutup lukanya menggunakan kasa agar tidak kena debu.
Bila luka Anda tampak infeksi bernanah atau area sampinnya menjadi semakin merah dan bengkak maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter atau ke Rumah Sakit agar bisa dilihat langsung kondisi lukanya. Karena tentu saja lukanya perlu dibersihkan.Salam sehat,dr. Vina 
luka bakarpenyembuhan lukabekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil