Luka seperti sariawan di luar vagina

TJ Info Penanya: TJ, Pria, 2019 Tahun
mlm dok, saya mau tnya, di luar vagina saya terdapat luka, sperti kyk sariawan cuman berdarah sedikit. apa penyebab nya donk, apakah penyakit serius?? mohon di bantu jawab. terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam TLA

Luka seperti sariawan di luar vagina dapat terjadi akibat beberapa hal seperti lecet akibat hubungan seksual atau adanya infeksi menular seksual seperti ulkus mole, sifilis dan herpes. Jika diakibatkan lecet dan berdarah karena melakukan hubungan seksual, maka dapat hilang dengan menjaga kebersihan vagina dan tidak melakukan hubungan seksual untuk sementara waktu. 

Namun sariwan di vagina juga bisa diakibatkan adanya infeksi menular seksual seperti ulkus mole, sifilis dan herpes. Tanda adanya infeksi adalah luka sariwan yang banyak berbentuk ulkus. Pada sifilis dan ulkus mole biasanya tidak terlalu nyeri, sedangkan pada herpes simpleks biasanya luak sariawan berbentuk ulkus yang merah dan nyeri. Untuk tatalaksana sebaiknya menjaga kebersihan vagina, hindari aktivitas seksual untuk sementara waktu dan perlu evaluasi dari dokter spesialis kulit dan kelamin. 

salam sehat 

dr.Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski risikonya lebih rendah, seks oral tetap berpotensi menularkan penyakit menular seksual

Penyakit Menular Seksual Ini Sering Tertular Melalui Seks Oral

Meski dapat meningkatkan gairah, seks oral nyatanya bisa memiliki risiko penyakit menular seksual. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan risiko penyakit menular seksual akibat seks oral begitu saja.