Luka sariawan di mulut belakang, warna putih

AI Info Penanya: AI
Kalo ada luka seperti sariawan di dinding mulut bagian belakang dekat gigi geraham seperti sariawan tapi kelihatan berlubang dan ada benjolan warna putih sangat sakit, perih kemudian untuk menelan juga sakit, bagaimana ya cara mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Bu.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Luka seperti sariawan, berwarna putih, dan berlubang, dan disertai dengan nyeri menelan dapat dikenali sebagai beberapa kondisi di antaranya :

  • Infeksi

Infeksi pada tenggorokan, dapat berupa kemerahan dan bengkak di area tenggorokan bisa meliputi amandel. Kemerahan dan bengkak tersebut dapat disertai dengan bintik putih. Infeksi pada tenggorokan dapat disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Gejala yang ditimbulkan dapat disertai demam, nyeri menelan, batuk hingga pilek. Cara mengatasinya adalah minum obat sesuai dengan gejala dan minum antibiotik jika perlu. Namun antibiotik harus dikonsumsi sesuai dengan pemeriksaan dokter dan resep dokter.

Kandidosis orofaringeal atau infeksi jamur pada mulut dan area tenggorokan dapat ditemukan berupa bercak atau bintik putih yabg disebabkan oleh jamur candida. Kondisi ini sering ditemukan pada orang dengan oral hygiene yang buruk atau pada orang dengan yang memiliki penyakit imunitas (imun tubuh yang rendah). Pada umumnya jamur Candida secara normal dapat ditemukan dalam rongga mulut, namun pada kondisi imun tubuh yang lemah atau kondisi tertentu lainnya, jamur tersebut dapat menginfeksi jaringan sekitarnya.

  • Stomatitis

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut stomatitis adalah infeksi pada lapisan mulut atau mukosa. Sariawan selain disebabkan oleh infeksi, dapat disebabkan juga oleh luka pada mulut. Sariawan bervariasi mulai dari bentuk dan ukuran. Umumnya berwarna merah, berukuran kurang dari 0.5 mm. Sariawan dapat memiliki bintik putih ditengahnya, menandakan infeksi yang terjadi. Sariawan dapat diobati dengan obat oles khusus untuk sariawan, serta mengkonsumsi vitamin C untuk mempercepat penyembuhannya. Jika sedang mengalami sariawan, dianjurkan untuk menghindari makanan pedas, berminyak, dan panas, karena akan membuat rasa perih dan nyeri ketika terkena sariawan.

Kondisi Anda dapat berupa salah satu dari poin di atas. Namun diagnosa dan terapi pasti dapat ditemukan setelah hasil konsultasi dengan dokter. Tidak disarankan mengkonsumsi antibiotik dan obat-obatan lain tanpa resep dari dokter. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat mengkonsumsi vitamin C, menghindari makanan tidak sehat, menghindari stres, cukup tidur dan rajin berolahraga.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan.

Salam sehat,

dr. Christine V

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol dan obat antiseptik untuk meringankan tenggorokan gatal

Benarkah Permen Pelega Tenggorokan Ampuh Atasi Batuk?

Saat sakit tenggorokan atau batuk, permen pelega tenggorokan memang bisa membantu mengurangi gejala. Namun karena efeknya hanya sementara, kita cenderung mengonsumsi permen tersebut terus-menerus. Hati-hati efek sampingnya, ya.