Luka pipi bagian dalam karena tergigit

N Info Penanya: N
Dok kemarin saat saya makan tidak sengaja pipi bagian kanan dalam tergigit sudah 3 hari mau ke dokter gigi cm blm ada yg buka praktek dan blm kempes kira kira apa yg harus saya lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Luka pada bagian pipi adalah keluhan yang bisa menjadi pemicu terjadi sariawan. Tidak jarang keluhan yang cukup besar juga bisa memerlukan tindakan lebih lanjut apabila terjadi perdarahan yang aktif.

Apabila tidak ada perdarahan aktif, tidak perlu khawatir. Memang akan bisa menimbulkan keluhan seperti nyeri dan pembengkakan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya seperti:

  • Berkumur dengan obat kumur dan air es
  • Kompres dengan air dingin atau air es 
  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol
  • Minum air putih lebih banyak
  • Konsumsi makanan yang mudah dicerna dan hindari makanan panas
  • Konsumsi juga bahan alami seperti madu dan lidah buaya

Jika timbul keluhan perdarahan, bengkak makin besar, atau timbul bernanah maka perlu diperiskakan, tidak hanya ke dokter gigi tapi bisa periksakan pada dokter umum. Nantinya bisa diberikan salep steroid untuk peradangannya tetapi memerlukan resep dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Atasi rahang bawah maju dengan kawat gigi, pemasangan headgear, hingga operasi

Penyebab Rahang Bawah Maju dan Cara Mengatasinya

Rahang bawah maju disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya kebiasaan mengisap jempol. Cara mengatasi rahang bawah maju harus disesuaikan dengan penyebab awalnya.