Luka paska operasi cesar masih basah dan bau tidak enak, apa solusinya?

MA Info Penanya: MA
Saya habis melahirkan secara cesar dan saya gemuk jadi jahitan luka cesar ketutup perut karna berada dilipetan perut, jadi basah terus dan bau tidak enak apa itu tidak apa2 ya dok dan apa solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA

Bila luka operasi masih basah dan disertai bau tidak enak maka anda perlu kontrol kembali dengan dokternya. Pada operasi cesar dilakukan penjahitan di dalam kulit agar bekas operasinya tampak lebih baik secara estetika. Penyembuhan lukanya terkandung dari masing-masing individu untuk penyembuhannya. Bagaimana aktivitasnya, bagaimana perawatan lukanya dan bagaimana faktor daya tahan tubuh seseorang. 

Penyebabnya karena bakteri yang terdapat pada kulit dapat menyebar dan menginfeksi luka paska operasi dan bisa juga karena terpapar bakteri di udara. Faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka seperti gula darah tidak terkontrol pada penderita diabetes, berat badan berlebihan, perokok, gangguan kekebalan tubuh dan operasi di area perut.

Cara menanganinya, biasanya dokter akan mengevaluasi apakah perlu diberikan antibiotik, membersihkan lukanya dan melakukan perawatan luka. Tanda bahayanya jika anda mengalami demam atau mengigil, rasa nyeri / panas di sekitar luka operasi dan tampak kemerahan, bernanah atau bau yang tidak sedap. 

Saya lampirkan artikel Penanganan Berbagai Jenis Luka Agar Tidak Infeksi untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.