Luka pasca op SC yang berbau

AP Info Penanya: AP, Wanita, 24 Tahun
Mau Tanya,kalau bkas operassi sc skitar sebulan lalu, ada bau krg sedap Tanpa ada nanah,darah atau rasa sakit, apakah berbahaya atau tdk? Kbtulan Luka tsb ada dilipatan perut bwh krn sy agak gemuk. Trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AP.

Operasi Caesar atau yang disebut dengan Sectio Caesarea (SC) merupakan prosedur tindakan medis untuk membantu melahirkan bayi melalui luka sayatan pada perut dan rahim Ibu yang sengaja dibuat sebagai alteratif jalan lahir bayi. Prosedur tindakan tersebut umumnya dilakukan atas dasar indikasi medis tertentu yang dianggap dapat menghindarkan bahaya tertentu ketika Ibu dan janin melahirkan secara normal, walaupun prosedur operasi Caesar juga memilki beberapa risiko.

Pada operasi Caesar ini prosedur tindakan dilakukan dengan menyayat dinding perut yang terdiri dari berbagai lapisan yang berupa otot, ligamen, jarinagn lemak dan jaringan ikat. Kemudian dokter akan melakukan sayatan pada rahim dan setelah itu bayi dapat dilakurkan melalui luka sayatan tersebut. Setalah proses kelahiran ari-ari atau plasenta pun akan dikeluarkan, lalu proses terkahir adalah menutup kembali luka sayatan dengan prosedur penjahitan. Luka jahitan tersebutlah yang nantinya akan menyisakan bekas pada perut Ibu.

Terkait keluhan Anda, luka jahitan pasca operasi Caesar yang telah dilakukan 1 bulan yang lalu masih mungkin belum sepenuhnya kering atau pulih dengan sempurna. Akan tetapi jika tidak bernanah dan tidak berdarah umumnya masih aman. Keadaan berbau tidak sedap tersebut mungkin terjadi karena berada pada lipatan yang membuat luka tersebut menjadi lembap.

Sementara Anda dapat menjaga luka tersebut agar tidak lembap, senantiasa dibersihkan dan dikeringkan jika memang perban sudah dilepas, jika perban belum dilepas, ikuti anjuran dokter tentang perawatannya, hindari terkena air dan menghindari beberapa aktivitas pada artikel berikut yang dapat mengganggu keadaan luka jahit pasca operasi Caesar Anda. Jika Anda khawatir, Anda dapat memeriksakannya ke klinik terdekat untuk dilakukan perawatan luka sementara.

Jika keluhan tidak kunjung membaik, mungkin saja telah terjadi infeksi, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Spesialis Kandungan yang menangani operasi Caesar Anda secara langsung untuk penanganan yang lebih intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi rahim atau endometritis dapat berpengaruh pada kemampuan seorang perempuan untuk dapat hamil atau mempertahankan kehamilannya

Jika Dibiarkan, Infeksi Rahim Bisa Berpengaruh pada Kesuburan

Infeksi rahim atau endometritis dapat memengaruhi kesuburan. Infeksi rahim tidak mengancam nyawa, namun harus segera diobati umumnya dengan antibiotik.