Luka pada kaki setelah jatuh, saat ini keluar nanah.

IS Info Penanya: IS, Wanita, 2019 Tahun
Saya mau tanya dok... Saya punya luka borok bagian kaki hbis jatuh.hbis kering malah keluar nanah gimana dok yah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IS

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Luka pada saat jatuh, bila tidak ditangani dengan baik dapat menjadi pintu masuk kuman ke dalam kulit. Nanah adalah hasil dari pertemuan kuman dengan pertahanan tubuh. Walaupun bagian luar lukanya kering tetapi kuman telah tumbuh di dalam kulit. Sehingga menghasilkan nanah. Bila tidak diatasi infeksi dapat menyebar ke sekitarnya ditandai dengan meradangnya kulit menjadi merah, keras dan nyeri bila disentuh.

Cara menanganinya anda perlu konsultasi langsung dengan dokter. Dokter akan memberikan obat anti radang dan antibiotik namun anda juga perlu dikeluarkan nanahnya. Dokter akan menentukan kapan dan bagaimana nanah dikeluarkan dari luka anda. Karena kalau tidak dikeluarkan nanahnya, infeksi sulit sembuh dan kemungkinan akan sering berulang.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panu menyebabkan perubahan warna kulit yang mengganggu estetika.

Ini Dia Cara Menghilangkan Panu yang Tepat dan Efektif

Perubahan warna pada kulit yang disebabkan oleh panu dapat menurunkan kepercayaan diri sebagian orang. Panu dapat dihilangkan dengan mengetahui tingkat keparahannya. Jika panu yang dialami tidak terlalu parah, Anda dapat menggunakan salep antijamur yang mengandung miconazole atau shampo antiketombe yang mengandung asam salisitat.