07 Feb 2021, 09:06Kulit & Kelamin

Luka pada bagian luar miss v, kenapa?

NA
Info Penanya: NA0
Halo dok, mau tanya kemarinkan saya haid tapi kok tiba-tiba daerah vagina saya muncul bentolan-bentolan trus pas kering kaya luka bakar, penyebabnya apa ya dok?
286 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaBagian luar dari vagina atau sering disebut dengan bibir vagina secara mendis disebut dengan labia mayora. Adanya luka pada labia mayora iatau sering disebut juga dengan istilah sariawan vagina ni bisa terjadi karena masaah kulit ataupun adanya infeksi pada area vagina. Kondisi ini juga bisa diseertai dengan keluhan penyerta lainnya seperti rasa gatal, keputihan, vagina berbau tidak sedap, perdarahan ringan, atau bahkan demam.Beberapa kemungkinan penyebab luka pada bibir vagina adalah:
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, ebberapa kemungkinan penyebab bisa terjadi karena kondisi tang tercantum di atas. Bila sebelumnya Anda sedang mensrtuasi, kondisi vagina dan kemaluan yang lembab akibat kurang menjaga keberishan vagina saat sedang emnstruasi juga bisa memicu timbulnya iritasi serta infeksi pada vagina dan kulit sekitarnya. Tindakan yang sata ini bisa dilakukan adalah dengan menggunakan celana dalam berbahan kain katun yang lembut dan menyerap keringat dengan baik, basuh vagina dengan air hangat, hindari melakukan hubungan seksual untuk sementara waktu, konsumsi makanan sehat bergizi, ganti celana dalam Anda secara berkala, dan jaga kesehatan serta kebersihan area organ intim. Segeralah lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
masalah reproduksivagina gatalkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil