Luka operasi amputasi yang terjatuh ada nanah

MZ Info Penanya: MZ, Pria, 33 Tahun
Dokter, adakah luka amputasi yang terjatuh akan di jahit kembali setelah di lakukan operasi membuang nanah, saya pesakit diabetes
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MZ,

Adanya nanah pada luka bekas amputasi bisa menandakan adanya infeksi. Pada luka tersebut tidak selalu dijahit, karena bisa dilakukan debridement atau pembersihan luka dari nanah yang ada. Setelah itu perlu dilakukan perawatan luka secara berkala agar luka tersebut bisa terjaga kebersihanya agar tidak menjadi infeksi

Apabila memiliki riwayat diabetes, perlu juga mengupayakan agar kadar gula darah bisa terkontrol. Minum obat secara teratur dan juga kontrol secara berkala untuk menjaga kondisinya.

Jika terjatuh di lokasi amputasi, tidak selalu akan perlu dilakukan operasi ulang. Segera periksakan pada dokter atau dokter bedah yang menangani Anda agar dipastikan langkah penanganan yang paling tepat.

Jika terjatuh, hal yang bisa dilakukan pertama kali adalah:

  • Bersihkan luka dengan air bersih yang mengalir atau bisa gunakan larutan saline atau NaCl untuk membersihkan luka
  • Berikan salep antibiotik jika diberikan oleh dokter sebelumnya
  • Tutup luka menggunakan kassa steril

Apabila ada luka dan perdarahan bisa hentikan perdarahan dengan mengompres menggunakan es dan juga menekan luka untuk menghentikan perdarahannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai jenis neuropatik diabetik yang harus diwaspadai, karena menyerang saraf dari kepala hingga kaki

Jenis-Jenis Neuropati Diabetik, Komplikasi Diabetes Melitus yang Menyerang Saraf

Diabetes melitus masih menjadi penyakit serius, yang menjadi perhatian dunia. Penyakit ini antara lain dapat menimbulkan neuropati diabetik pada saraf. Karena ada berbagai jenis saraf di tubuh, terdapat pula jenis-jenis neuropati diabetik, yang harus Anda waspadai.