03 Jun 2020, 06:48Kulit & Kelamin

Luka lecet pada penis yang nyeri, apakah penyebabnya?

A
Info Penanya: A, Pria, 19 Tahun
Dok izin bertanya, saya mengalami gejala seperti luka lecet pada penis dan perih saat bergesekan dengan kain celana dalam namun tidak gatal. Itu karena apa ya dok ? dan apakah bisa hanya diobati dengan obat semacam Calsinol?
14942 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, RFTerima kasih atas pertanyaan Anda.Luka dapat terjadi pada seluruh area tubuh, baik didahulu dengan cedera atau trauma, gigitan serangga atau karena kondisi medis yang lainnya. Luka dapat terjadi pada alat kemaluan pria, yaitu penis. Luka pada penis ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Adapun keadaan yang dapat menyebabkan luka pada penis adalah sebagai berikut ini:

  • Adanya infeksi menular seksual
    • Melakukan hubungan seksual yang beresiko seperti sering bergonta ganti pasangan seksual dapat memicu terjadinya infeksi menular seksual. Adapun beberapa penyebabnya yaitu: Herpes kelamin, kutil kelamin, sifilis, gonorrhea, dan lain sebagainya
  • Adanya infeksi jamur pada kelamin
    • Infeksi jamur pada penis dapat terjadi akibat dari berbagai macam kondisi salah satunya karena kelembaban dan kurang memeperhatikan kebersihan dari area kemaluan. Adapun contoh infeksi jamur yang sering terjadi adalah candida albicans.
  • Peradangan pada kepala penis atau dalam istilah medis disebut dengan balanitis
  • Luka akibat dari gesekan yang dapat diikuti dengan infeksi bakteri sekunder
Terkait dengan keluhan Anda, obat yang Anda sebutkan berisi anti radang dan antibiotik. Untuk penggunaannya sebaiknya setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Karena keluhan yang Anda rasakan harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Untuk itu segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat agar mendapatkan terapi yang sesuai.Jaga kebersihan area kemaluan, gunakan pakain dalam dengan bahan yang lembut dan ganti 2-3 kali dalam sehari, konsumsi makanan bergizi dan istirahat cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
kulit sekitar kelaminpenyakit kelamininfeksi menular seksualbalanitiskulup penis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil