26 Jun 2021, 19:50Infeksi

Apa tanda luka yang terinfeksi ?

HH
Info Penanya: HH, Wanita, 19 Tahun
Saya Hana umur 19 tahun, 4 hari lalu saya jatuh dari motor, luka saya lumayan besar dan sudah dibersihkan oleh cairan infusan dan diberi betadine. Saya juga diberi obat antibiotik. Hari ini obat nya sudah habis, luka saya masih basah dan sekarang badan saya sangat linu, sekujur tubuh linu dan sakit. Apakah ada hubungannya dengan luka saya? Apakah luka saya menunjukan adanya infeksi? Tapi tidak terjadi reaksi demam apapun. Terimakasih
108 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, H.Jatuh dari motor adalah salah satu risiko yang dapat terjadi saat Anda berkendara baik ditabrak orang lain, jatuh sendiri atau kecelakaan beruntun. Kecelakaan sesuatu yang tidak bisa diprediksi namun dapat dicegah dengan selalu mentaati aturan lalu lintas, berkendara dengan santai, menggunakan pengaman seperti helm dan kacamata. Tak lupa utuk selalu melengkapi surat-surat termasuk STNK dan SIM.

Apa yang menyebabkan sekujur tubuh linu dan sakit setelah jatuh dari motor ?

Sekujur tubuh linu dan sakit setelah jatuh dari motor yang Anda alami dimana sebelumnya juga terdapat luka yang sudah dibersihkan dengan cairan infus dan povidone iodine (betadine), saat ini obat habis, luka masih dalam keadaan basah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Reaksi dari infeksi luka yang Anda alami.
  • Efek obat yang sudah hilang.
  • Benturan pada bagian tubuh yang menyebabkan memar, kontraksi otot dan linu.
Luka yang terinfeksi dapat mengeluarkan nanah, area sekitar luka terasa sakit dan teraba hangat. Tak jarang diikuti demam. Anda sebaiknya bersihkan luka dengan rutin menggunakan cairan infus dan betadine serta berikan salep antibiotik.Konsumsi obat nyeri dan pijat ringan pada bagian tubuh yang linu. Namun jika keluhan tidak kunjung membaik, badan semakin linu, luka keluar nanah, demam tinggi, segera konsultasi secara lansgung ke dokter umum atau tangani luka yang terinfeksi di dokter bedah. Tetap konsumsi makanan bergizi dan vitamin untuk mempercepat penyembuhan.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
penyembuhan lukanyeri ototbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil