14 May 2021, 10:38Infeksi

Luka kering dan bernanah bagaimana menanganinya?

AD
Info Penanya: AD, Wanita, 1 Tahun
Halo dok saya izin bertanya, saya memiliki luka yg mengering berwarna hitam tapi sering sekali keluar nanah, saya sering mengelupasnya ketika membersihkan nanahnya. Baiknya agar cepat sembuh di diamkan saja jangan di kelupas atau kelupas saja ya dok lapisan hitamnya?
131 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AD,Proses penyembuhan luka sangat bervariasi tergantung tingkat keparahan lukanya. Semakin dalam lukanya atau semakin lebar lukanya tentu akan semakin besar kemungkinan terjadinya infeksi dan proses penyembuhan lukanya akan semakin lama.

Tanda-tanda luka mengalami infeksi:

  • Muncul cairan keruh kekuningan dengan konsistensi agak kental.
  • Area sekitar luka tampak bengkak kemerahan.
  • Nyeri dirasakan semakin berat.
  • Badan terasa meriang.
Bila luka Anda tampak mengering kehitaman namun bernanah maka perlu direndam atau dikompres dengan air hangat. Bila bagian keringnya sudah melunak maka dibersihkan pelan-pelan dan wajar bila akan berdarah. Setelah dibilas bersih dilap kering dan tekan beberapa saat agar darahnya berhenti. Oleskan salep antibiotik tipis-tipis bila Anda memiliki persediaan di rumah. Tutup lukanya menggunakan kassa agar tidak kotor. Rutin bersihkan lukanya setiap hari. Setiap kali akan membersihkan luka maka Anda harus melakukan cara-cara di atas.Bila luka kecil namun tetap bernanah selama 5 hari maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk melihat langsung kondisi luka Anda. Perbanyak konsumsi protein untuk membantu proses penyembuhan luka Anda.Salam sehat,dr. Vina  
infeksi bakteripenyembuhan lukabekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil