04 Nov 2020, 21:46Penyakit Lainnya

Luka kerena knalpot motor

KS
Info Penanya: KS0
Assalamualaikum Dok saya mau bertanya dok kaki saya terkena kenalpot motor tapi kulit itu terkelupas dan terbuka itu seperti ada nanah tapi GK bisa di bersihkan itu karena apa ya dok
390 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KS,Luka akibat knalpot adalah salah satu jenis luka bakar, dimana tingkat keparahanya dapat beragam. Gejala yang dapat ditimbulkan mulai dari ruam kemerahan pada kulit sampai dengan luka bakar yang lebih dalam dengan gejala kulit melepuh, perih dan yang lebih berat bisa menimbulkan luka perubahan warna kulit menjadi putih, cokelat atau kehitaman, pada grade luka bakar yang lebih berat bisa tidak menimbulkan rasa sakit karena kulit menjadi mati rasa akibat rusaknya saraf di kulit.Jika ada kulit terkelupas dan terbuka lalu berair seperti nanah dapat berisiko terjadinya infeksi. Untuk itu perlu dilakukan penanganan dengan cara:
  • Siram luka dan bersihkan menggunakan air bersih mengalir atau bisa gunakan cairan saline atau infus nacl
  • Gunakan salep luka bakar atau bisa menggunakan salep antibiotik dan lidah buaya 
  • Tutup luka dengan kassa steril
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol jika diperlukan
Segera periksakan pada dokter terdekat apabila timbul nanah ataupun luka bakar akibat knalpot cukup luas dan berat agar segera dilakukan penanganan luka dan pemberian obat yang tepat. Hindari menggaruk atau menggosok luka tersebut agar tidak menimbulkan iritasi dan juga infeksi. Jika luka dalam cukup berat, dapat menimbulkan bekas luka. Untuk itu perlu merawat luka dengan baik dan bisa dilakukan penanganan bekas luka knalpot nantinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
luka bakarpenyembuhan lukabekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil